Anda penyuka touring dengan memacu sepeda motor? Nah, pasti salah memilih jalur yang mengakibatkan Anda tersesat merupakan hal yang sangat menyebalkan. Tak terbayang waktu dan tenaga yang terbuang hanya lantaran mengandalkan insting dan feeling. Ini saat yang tepat untuk mulai menggunakan GPS alias Global Positioning System. Memilih GPS untuk sepeda motor berbeda dengan mobil. GPS untuk motor wajib punya kemampuan anti-glare, waterproof, serta anti-shake. Tak kalah penting, layar GPS harus bisa dioperasikan dengan tangan kita yang terbungkus riding gloves. Berikut empat model GPS yang jadi favorit beberapa pengguna forum otomotif online.

2013-09-garmin-zumo-390LM

  1. Garmin Zumo 

Bisa dibilang Garmin Zumo adalah GPS motor paling populer saat ini. Garmin Zumo punya beberapa fitur yang tak terdapat pada GPS umumnya. Seperti built-in XM radio dan peringatan batas kecepatan. XM radio bisa dimanfaatkan pemotor untuk mendapat info lalu lintas dan cuaca. Juga terdapat fitur Bluetooth yang terhubungan dengan headset untuk penunjuk arah lewat suara. Layar touchscreen-nya berukuran 4,3 inch dan mampu menampilkan grafis dengan jelas pada kondisi cuaca apapun. GPS ini juga dilengkapi navigasi 3D dan mampu menunjukkan gambar sesungguhnya tentang kondisi jalan di depan. Garmin Zumo anti air, anti-glare, dan baterainya tahan sampai 3 jam.

1_large

  1. Tom Tom Rider 2

GPS ini punya beberapa kemiripan dengan line-up Garmin Zumo. Diantaranya waterproof casing, layar anti-glare, voice command via Bluetooth. Tom Tom Rider 2 hadir dengan mounting yang cocok untuk hampir di semua jenis motor. Serta itinerary planner yang membantu pemotor untuk menemukan jalur terdekat. Bagian layarnya sendiri berupa touchscreen 3,5 inch yang tetap bisa digunakan walau menggunakan sarung tangan.

Test GPS Garmin Zumo 660

  1. Garmin Zumo 660

Model 660 ini hadir dengan mounting yang kokoh, waterproof casing, dan pengisian baterai dari kelistrikan motor. Baterainya mampu digunakan sampai 5 jam perjalanan. Seperti seri Zumo lainnya, GPS ini juga dilengkapi navigasi 3D yang memungkinkan penguna melihat lingkungan berkendaranya dalam peta 3 dimensi. Waterproof dengan layar sentu 4,3 inch yang bersahabat dengan sarung tangan.

SAM_0281_zpsd210d56a

  1. Garmin GPSMAP 60CSx

Ukurannya yang tak seberapa besar cocok untuk pengunaan paca scooter atau motor berukuran kecil. GPS ini punya 12 channels, memori yang mampu menyimpan sampai 10.000 GPS points, dan baterai dengan daya tahan sampai 18 jam. Layarnya menggunakan model TFT yang punya warna terang sehingga tetap bisa terbaca dengan jelas saat berada di bawah matahari yang terik sekalipun. Menggunakan 64 MB micro SD dan tersedia slot lagi untuk penggunaan SD card tambahan.