Mengendarai mobil di tengah pekatnya malam terkadang bisa sangat menyebalkan. Kita membutuhkan cahaya sebanyak mungkin yang kita butuhkan demi menerangi jalan, maka lampu jarak jauhlah yang kita butuhkan. Ulah tersebut kadang bisa berefek negatif dimana pengguna jalan yang berlawanan arah dengan kita bisa menjadi terbutakan karenanya, dan hal yang sama pun bisa terjadi terhadap kita.

Permasalahan ini sudah menggelitik banyak pihak dan mereka pun mengeluarkan solusinya dengan auto-dim. Fitur auto-dim akan sangat membantu di perjalanan malam ketika teknologi ini akan secara otomatis mengubah lampu jauh menjadi lampu dekat saat berdekatan dengan kendaraan lain. Namun lagi-lagi fitur ini dirasa kurang cukup karena kita harus seketika mengubah kembali lampu menjadi jarak jauh untuk melanjutkan perjalanan.

Mazda membawa hal ini ke tingkat yang lebih tinggi kala mereka memperkenalkan Adaptive LED Headlamps (ALH) ke hadapan publik di event Ceatec 2014 di Jepang. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak 4 keuntungan memakai ALH yang kini hadir pada New Mazda CX-5 dan Mazda6 yang baru dirilis di Indonesia beberapa waktu yang lalu ini:

1. Berlawananan
Sistem ALH bekerja dengan menggunakan seperangkat LED yang menggunakan kamera sebagai mata yang merespon seperangkat LED di lampu depan. Saat menyadari ada kendaraan di depan di arah yang berlawanan, LED akan langsung merespon dengan memindahkan fokus cahaya ke arah yang tidak ada kendaraan. Hal ini akan sangat berpengaruh besar untuk kendaraan di arah berlawanan dimana mereka tidak akan merasa tersilaukan dan meminimalisir kecelakaan.

2. Depan
Untuk mengamankan pandangan di depan, ALH bereaksi terdapat benda ataupun objek bergerak di depan mobil. Apabila kamera merasa ada objek di depan, otomatis LED menanggapi dengan memberikan isyarat dan pengemudi memiliki jarak untuk mengerem kendaraan.

3. Persimpangan
Di persimpangan yang gelap, ALH menanggapi dengan mengarahkan LED ke area sekitar mobil dan tidak hanya di depan. Dengan hal ini para pejalan kaki akan dapat terlihat oleh mobil dan memberikan perlindungan kepada pengemudi saat mereka akan berbelok.

4. Jalan Raya
Di jalan raya, cahaya yang masif dibutuhkan untuk memperlihatkan pandangan lurus ke depan. ALH akan sangat membantu dengan mengonsentrasikan cahaya ke poros yang lebih tinggi dan sangat membantu kala melaju di kecepatan tinggi.