Hasil penguatan ekonomi Indonesia sejak awal tahun 2016, pasar industri otomotif tahun ini pun diprediksi akan merangsek naik. Apalagi tahun ini, Indonesia dijadwalkan menghelat dua event otomotif besar bertajuk Indonesia Internasional Motor Show dan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show, sudah pasti moment ini langsung dimanfaatkan para pemain di ranah otomotif untuk dapat menjual produknya mereka sebanyak banyaknya.

Sampai bulan Juni saja, kami telah mengantongi ada belasan nama mobil baru yang telah diperkenalkan Agen Pemegang Merk (APM) untuk pasar Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan mampu menghasilkan total SPK diluar dugaan, hmm,, sudah pasti para konsumen di Indonesia terlalu bosan dengan model – model lama yang ada dipasaran. Yak, untuk sekedar mengingat – ingat ragam peristiwa yang hadir di bumi pertiwi 6 bulan terakhir, kami coba merangkum yang terbaik untuk para pembaca setia TheGasPol.

Hyundai-Santa-Fe

  1. Hyundai Santa Fe CRDi

Dari produsen berlogo H miring, aksi panggung dimulai dengan pengenalan Hyundai Santa Fe yang tercatat 18 Februari 2016 lalu. Melihat trend mobil SUV yang sedang merebak di tanah air, produsen asal Korea coba menghentak menawarkan tipe mesin diesel yang efisien lewat 2.2L CRDi VGT yang memiliki output 197 PS dan torsi 445 Nm. Santa Fe baru juga telah dilengkapi panoramic roof dan cruise control, dengan banderol Rp 539 juta.

All New Pajero Sport

  1. Mitsubishi All New Pajero Sport

Sebetulnya tahun ini memang sudah ditunggu – tunggu produsen mobil Jepang yang identik dengan logo tiga berlian tersebut. Selain berjalannya produksi mobil MPV low entry mereka di pabrik baru Karawang. Mitsubishi juga melanjutkan eksistensinya di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) dengan meluncurkan All New Pajero Sport bulan Maret lalu.

Ditunjang 4 karakteristik baru yaitu High Quality Design, Quality Comfortable Cabin, Superior Performance serta Innovation and Convenience. Pajero Sport Dakar ditawarkan dengan mesin 2.5-liter DI-D Commonrail with Variable Geometry Turbo (VGT) di tahun 2011. Harga yang ditaksir untuk sebuah unit Dakar 4×2 mencapai Rp 496 juga dan Rp 623 juta untuk Dakar 4×4. Meski begitu, sampai sejauh ini KTB telah mengabarkan total SPK All New Pajero Sport sudah mencapai angka di atas 9.000 unit.

Mini Clubman

  1. MINI Clubman

Tidak ingin ketinggalan, masih di bulan Maret. MINI coba menawarkan generasi terbaru dari MINI Clubman. Kini bentuknya lebih besar dengan memiliki total 6-pintu, selain itu luas bagasi mobil telah ditingkatkan dengan volume mencapai 360 liter. Agar tidak kedodoran, mesin model baru telah dipersenjatai TwinPower Turbo Technology sehingga total output yang didapat mencapai 192 Hp dan memiliki torsi puncak 280 Nm yang didapat pada angka 1.250 rpm. Maxindo menawarkan 2 tipe Clubman, yaitu New MINI Cooper Clubman yang dibanderol Rp 669.000.000 (Off the Road) dan New MINI Cooper S Clubman yang ditawarkan seharga Rp 869.000.000 (Off the Road).

2

  1. Toyota Sienta

Memanfaatkan gelaran IIMS di Jiexpo, Kemayoran bulan April lalu. Toyota coba lahirkan Sienta yang bermain di kelas MPV 7-seater. Sebagai paket jualan, Toyota menghadirkan Sienta dengan menggunakan NR hasil produksi pabrik Toyota di Indonesia.

Mesin baru 1.5-liter VVT-iE 2WD dengan CVT berkekuatan 109 Hp serta torsi puncak mencapai 136 Nm. PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan harga terendah unit Sienta E dengan banderol Rp 230 juta, dan varian tertinggi Sienta Q (CVT) berbanderol Rp 295 juta.

Audi A4 TFSI Quattro 1

  1. Audi A4

Membuka bulan Juni sekaligus menutup akhir semester pertama, produsen mobil premium asal Jerman tak mau ketinggalan dengan memperkenalkan produk andalan mereka di kelas mid-saloon Audi A4. Ditawarkan dengan ragam keunggulan fitur canggih antara lain, smartphone interface, speech dialogue system, start stop system serta dilengkapi dengan sound system Bang & Olufsen 3D.

Audi memasang harga Rp 990.000.000 (Off the Road) untuk unit Audi A4 2.0 TFSI (190hp), dan Audi A4 2.0 TFSI Quattro (252hp) yang ditawarkan Rp 1.200.000.000 (Off the Road).