Perkembangan industri otomotif ternyata tidak hanya terjadi di ranah mobil penumpang dan komersil saja. Pertempuran hebat juga terjadi antar produsen kendaraan-kendaraan militer. Lewat beragam program riset tanpa henti, mereka menerapkan buah inovasi teknologi terkini pada produknya. Tujuannya hanya satu, menjadi yang terbaik. Jika predikat tersebut berhasil disandangnya, maka otomatis produk dimaksud juga bakal laris di pasaran. Apalagi jika diimbangi dengan banderol yang cukup “terjangkau” oleh anggaran militer tiap negara. Jadi, berikut ini adalah mobil-mobil tempur taktis terbaik di dunia versi TheGaspolCom.

Mercedes-Benz-G-Wagon-LAPV-6.X-Concept-1a

Mercedes-Benz G-Wagon LAPV 6.X Concept

Mobil patroli militer yang mendebut di EUROSATORY 2010 di Perancis ini merupakan versi anyar dari LAPV 5.4. Maka tak heran jika pembuatnya mengklaim bahwa Mercedes-Benz G-Wagon LAPV 6.X memiliki kemampuan melindungi lebih baik, lebih ringan dan lincah serta punya daya angkut lebih besar. Mesin common rail diesel yang dibopong mobil bertubuh baja yang duduk di sasis monocoque dimaksud sanggup melaju hingga kecepatan 150 km/jam kendati sedang membawa beban seberat 1,3 ton. Kolaborasinya dengan pemasok teknologi militer papan atas, EADS, membuat mobil ini dibekali dengan beragam perangkat canggih. Mulai dari vehicle data recorder system, integrated communication system, jamming system hingga integrated mobile command, control and information system.

Operation Enduring Freedom

Chenowth Scorpion Desert Patrol Vehicle

Scorpion DPV merupakan kendaraan tiga penumpang yang handal digunakan di medan off-road maupun di atas aspal dan kerap digunakan pada beragam operasi di gurun pasir. Baik pertempuran jarak dekat atau misi pencarian dan penyelamatan. Kendaraan yang pertama kali dipacu saat Perang Teluk di 1991 ini menggunakan mesin 2.0 liter yang dipasok oleh Volkswagen. Penghasil daya tersebut sanggup menyemburkan tenaga puncak hingga 200 hp. Berkat akselerasi 0-96 km/jam dalam waktu 8 detik, maka DPV masuk dalam kategori fast attack vehicle.

Arotech_Tiger

MDT Tiger Light Protected Vehicle

Kendaraan buatan Defense Company MDT Armor, AS, ini memulai penampilan perdananya di Milipol 2009. Diproduksi dengan mengadopsi platform Dodge RAM 5500, MDT Tiger LPV mampu mengangkut hingga 8 personil. Pengemudi, navigator dan komandan di kursi depan serta lima penumpang lainnya di belakang dengan posisi duduk saling berhadapan. Kemampuan jelajahnya didukung oleh penggunaan mesin diesel Cummins bertenaga 350 hp pada 3.013 rpm yanag dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis Aisi 6 percepatan.

Oshkosh M ATV

Oshkosh MRAP ATV

Kendaraan tempur taktis ini dibangun khusus oleh Oshkosh Defense untuk digunakan oleh militer AS di Afghanistan setelah menerima pesanan di 2008. Hasilnya, sebanyak 4.296 unit Mine Resistant Ambush Protected All Terain Vehicle dipesan pihak militer negeri Paman Sam. Dari keseluruhan unit tersebut, pesanan pertama dikirim ke Angkatan Darat AS pada 2009. Di 2012, pemerintah Uni Emirat Arab latah memesan 750 unit MRAP. Membludaknya peminat kendaraan tempur pengganti HMMWV M1114 tersebut adalah karena kemampuannya melindungi pasukan dari serangan IED, sistem kontrol traksi, ABS, HVAC system, power outlet, hingga dudukan di beberapa lokasi untuk memasang pelontar granat Mk 19, senapan mesin M240, misil anti tank MILAN dan kelengkapan tempur lainnya. MRAP mengusung mesin diesel Caterpillar C& bertenaga 470 hp dengan kecepatan puncak di jalan raya mencapai 105 km/jam.

buffalo-mprc-vehicle-007

Buffalo Mine-Protected Clearance Vehicle

Kendaraan sapu ranjau enam roda ini merupakan hasil produksi Force Protection yang pertama kali terjun ke medan tempur di Afghanistan pada 2003. Buffalo MPCV mampu mengangkut hingga 6 penumpang termasuk pengemudi dan navigator serta kerap digunakan untuk melindungi asset, membersihkan rute hingga komando. Velg baja serta disc roller yang diadopsinya membuat kendaraan yang dibekali dengan pelontar granat RPG-7, sistem AFES, lapisan anti peluru BAE system L-ROD, serta kamera untuk mendeteksi dan menjinakkan ranjau ini mampu melintasi detonator tanpa menciderai penumpang.  Buffalo Mine-Protected Clearence Vehicle dipersenjatai dengan mesin Catepillar C13 berkapasitas 12,5 liter dengan semburan tenaga puncak 440 hp serta torsi 1.483 Nm.