PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Rush 2018, Kamis (23/11) di Jakarta. Ada dua tipe yang diperkenalkan kepada publik, yaitu All New Rush 2018 TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi dan di bawahnya adalah tipe G.

Secara keseluruhan Toyota Rush terbaru tampil makin modern. Di kedua tipe, eksteriornya sudah dibekali teknologi LED untuk lampu depan dan belakang. Fitur menarik lain di kedua tipe termasuk Start Stop Engine Button, Rear Parking Camera, dan Tilt Steering (pengaturan naik turun).

Sedangkan untuk fitur keselamatan bisa dibilang sama di kedua tipe. Ada ABS, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist Control (HAS), dan enam buah air bag.

(Baca juga: Fitur Penjamin Keselamatan di All New Rush 2018)

Lantas, pertanyaannya apa perbedaan All New Rush 2018 TRD Sportivo dan tipe G? Menjawab itu TheGaspol.com akan coba menjabarkannya.

1/ Eksterior All New Rush 2018 TRD Sportivo Lebih Ramai

Ini merupakan hasil dari menempelnya komponen underguard di depan dan belakang. Harapannya, komponen berlabel TRD ini bisa menambah kesan tangguh. Sementara itu di bagian samping mobil ada pula moulding ditemani grafis TRD Sportivo.

2/ Ukuran Ban dan Pelek Berbeda

Untuk All New Rush 2018 TRD Sportivo menggunakan pelek 17 inci dibalut ban 215/60. Sedangkan kaki-kaki tipe G lebih kecil atau tepatnya 215/65 R16.

3/ Interior All New Rush 2018 Pakai Soft Panel

Soft panel tersebut bisa ditemui di dasbor dan bagian dalam pintu. Jahitan-jahitan di tipe TRD Sportivo juga nampak asli. Sedangkan, untuk tipe G dasbor dan bagian dalam pintu memakai material plastik meski polanya serupa.

4/ Beda Fitur Entertainment

Walausama-sama menggunakan head unit DVD AVX 7 inci, milik tipe TRD Sportivo menyimpan lebih banyak fitur. Meliputi Internet, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking, dan Smart Phone Remote App.

Sedangkan head unit di tipe G kemampuannya sebatas USB, Bluetooth, iPod/iPhone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast.

Materi hiburan disajikan lewat sistem audio delapan speaker untuk tipe TRD Sportivo dan enam speaker saja di tipe G.

5/ AC Digital di All New Rush 2018 TRD Sportivo

Panel AC digital tersebut juga sudah dilengkapi climate control yang artinya pengguna bisa mengatur suhu kabin sesuai keinginan. Sementara di tipe G masih menggunakan panel AC biasa. Perlu diketahui, semua tipe pakai double blower sehingga dinginnya bisa lebih merata hingga bagian belakang kabin.

Di luar perbedaan-perbedaan tersebut, baik All New Rush 2018 TRD Sportivo dan tipe G memakai mesin 1.500cc konfigurasi empat silinder sejajar, 16 valves, DOHC, Dual VVT-i.

Keduanya punya tenaga puncak 104 ps/6.000 rpm dan torsi tertinggi 13,9/4.200 rpm. Mesin itupun dilengkapi dengan sistem injeksi elektronik. Power mesin bisa dijelajahi melalui transmisi 5-speed manual atau 4-speed otomatis. Opsi transmisi ini tersedia untuk tipe TRD Sportivo ataupun G.