Harga selangit dan jumlah terbatas. Dua hal itu menjadikan Vespa 946 sebagai produk yang sangat eksklusif. Pemiliknya pun pasti bukan orang sembarangan, setidaknya dalam urusan kocek keuangan. Dan di Tanah Air para pemilik Vespa 946 berkumpul dalam komunitas bernama 946 Owner Club Indonesia.

Kami menemui mereka sewaktu peluncuran Vespa 946 Red dan ngobrol soal perjalanan komunitas ini hingga benar-benar eksis seperti sekarang. Dari situ kami mengetahui hanya ada satu komunitas Vespa 946 di dunia dan mereka berdiri di Indonesia.

(Baca juga: Vespa 946 Red Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya Rp199 Juta)

Status satu-satunya komunitas Vespa 946 di planet ini dimulai dari perjalanan ke World Vespa Days 2017 di Celle, Jerman pada akhir Juni silam. “Di sana kami bertemu dengan World Vespa Club dan World Vespa Foundation. Kepada mereka saya mengajukan proposal untuk diakui sebagai the first Vespa (red: 946) club in the world,” aku Dodit Redjasa, Presiden 946 Owner Club Indonesia.

Dodit kemudian bercerita mengenai awal mulanya 946 Owner Club Indonesia berdiri 6 Desember 2015 lalu. Mulai hanya beranggotakan sembilan orang sampai sekarang sudah dihuni 36 member. Bukan hal mudah memang bagi komunitasnya untuk menambah anggota mengingat populasi produknya yang tergolong langka.

946 Owner Club Indonesia

Bagi member komunitas 946 Owner Club Indonesia, kepuasan memiliki sebuah model Vespa yang sangat spesial tidak disimpan sendiri. Namun, ikut dibagikan ke banyak orang dengan cara terlibat di ajang-ajang kumpul komunitas Vespa di Tanah Air. Biasanya mereka melakukan display Vespa 946 untuk menambah meriah acara dan mewujudkan keinginan banyak penggemar Vespa melihat langsung 946 yang langka di jalan.

“Waktu Asia Vespa Day kemarin di Yogyakarta kami men-display sepuluh Vespa 946 dan rasanya bahagia bisa lihat orang lain menikmati koleksi. Jadi intinya kita pengen berbagi keindahan dari model Vespa yang bisa dibilang sebagai karya seni ini,” sambung Dodit. Sedangkan, model yang paling banyak dimiliki oleh member adalah Vespa 946 Emporio Armani.

Eksistensi komunitas Vespa 946 di Indonesia bisa dilihat sebagai cerminan loyalitas konsumen skuter khas Italia tersebut di Indonesia. Di negara dengan populasi Vespa terbesar kedua setelah negeri asalnya sendiri. Maka sudah sepatutnya brand Vespa di Indonesia lebih mendukung keberadaan komunitas lain sekaligus aktivitasnya.

“Kita lebih terkenal di luar negeri daripada di dalam negeri. Karena support mereka (Piaggio Indonesia) ke kita setelah kita ngetop di luar negeri,” imbuh Dodit.