2013-fiat-abarth-595-50th-anniversary-edition_100439092_l

Sejak 1900, Salone Dell’automobile Di Torino di kenal sebagai ajang jelajah mata bagi car enthusiast di Italia. Namun sayang, di  2002, perhelatan akbar yang lebih dikenal dengan nama Turin Auto Show tersebut dihentikan. Sementara Abarth sendiri melansir debut dari model 595 pada gelaran Turin Auto Show 1963. Seri mobil mungil tapi berperforma ‘gahar’ tersebut awalnya memang berasal dari keidealisan performa seri 500. Dan versi 595 ini digadang menjadi salah satu sport car pertama milik Abarth yang paling ‘kuat’ dan tercepat.

Usia emas-pun telah dicapai oleh seri terkencang dari pabrikan berlogo kalajengking tersebut. Sebagai selebrasi, Abarth resmi merilis Abarth 595 50th Anniversario di Frankfurt Motor Show beberapa bulan lalu. Dan dengan penyematan mesin ala T-Jet turbocharged 1,4 liter bertenaga 177HP, ber-torsi 250Nm, Abarth mengklaim sang pocket rocket  imut merupakan satu-satunya versi 595 yang paling powerful yang pernah diproduksi.

Dan seturut layang pandang kami, tak hanya komponen jantung pacu-nya saja yang menarik, desain garis body yang meng-interpretasi gaya modern dari versi aslinya, terlebih warna eksterior, logo Abarth, dan grafis “​​Abarth 595” tersebut juga tampil mempesona banyak pihak. Fitur lain termasuk velg 17 inch, rem Brembo dan “Record Monza” variable back-pressure “dual mode” exhaust-nya membuat sport car ini kian ‘liar’.

Ah.. kami-pun sangat ingin memiliki satu dari dua si mungil ber-interior bercorak kombinasi merah, putih juga hitam ini karena ternyata produksi mobil imut tersebut hanya 299 unit saja di dunia. Eksklusif bukan? Dan setelah melantai di tanah air, tepatnya di ruang pamer PT Genta Surya Otomotif (GSO) dengan harga Rp. 840 juta (off the road), kabarnya Abarth 595 50th Anniversario kini sisa satu unit saja. So, come and get it!