Area luar pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, dirancang untuk terus memberikan konten menarik bagi para pengunjungnya di akhir pekan ataupun hari libur. Seperti di libur nasional Hari Buruh, Rabu 1 Mei 2019  hari ini, ada kegiatan balap drone yang seru dan kompetitif.

Berlangsung di area aspal Jakarta International Expo Kemayoran, kompetisi balap drone ini merupakan buah gagasan dari klub offroad nasional Port Racer dan IDRF atau Indonesia Drone Racing Federation untuk mengisi konten akhir pekan di pameran Telkomsel IIMS 2019. Berlangsung seru, mengingat adanya beberapa rintangan yang harus dilalui dengan kecepatan terbang drone yang cukup tinggi.

Peserta yang berjumlah 15 pilot drone ini wajib menerbangkan drone-nya melewati lima buah rintangan yang ada. Masing-masing rintangan memiliki beberapa ketentuan yang harus dilewati oleh peserta untuk diberikan penilaian bagi tim juri. Kurang lebih mirip seperti kejuaraan slalom.

Yoda, tim juri dari IDRF menyebutkan, selain harus melewati rintangan yang cukup sulit, kompetisi balap drone juga dinilai dari kecepatan waktunya per putaran. Di balap drone Telkomsel IIMS 2019 ini kami para dewan juri telah sepakat untuk para peserta harus mengitari lintasan sebanyak 4 lap.

Meski para pilot terbang bermodalkan google atau FPV (First Person Viewer) untuk melihat arah terbangnya drone, namun tak sedikit pula terjadinya insiden antar para peserta. Seperti saling bersinggungan atau bertabrakan saat masuk ke rintangan ataupun terjatuh akibat menabrak rintangan.

Arman Sulaiman, dari klub offroad Port Racer menjelaskan, ini merupakan sebuah terobosan baru yang belum pernah digelar di pameran otomotif manapun. Perlombaannya sendiri sebenarnya berlangsung selama dua hari, dimana pada Selasa (30/4) kemarin merupakan hari untuk latihan resmi dan Rabu (1/5) ini adalah final kejuaraannya.

Simak keseruannya