Belum juga resmi diluncurkan, Suzuki Jimny sudah punya pesaing di India. Adalah Force Motors, produsen mobil asal India dan Mahindra menyiapkan mobil offroad terbaru menjadi pesaing jip mungil asal Jepang tersebut.

Seperti halnya Suzuki Jimny, varian baru dari Force ini akan disebut Force Gurkha Xtreme dengan model off-roader tiga pintu dan softtop. Mobil ini juga punya dimensi yang mungil seperti halnya Jimny.

Gurkha Xtreme akan menggunakan mesin diesel dari Mercedes-Benz OM611 dengan kapasitas 2.2 liter yang mampu menghasilkan 140hp dan torsi yang spektakuler 321Nm. Mesin ini mengantikan mesin lama yang hanya mampu menyemburkan tenaga 85 hp. Gurkha juga akan mendapatkan gearbox baru yaitu transmisi manual 5 kecepatan Mercedes-Benz G32 yang terhubung ke mesin.

Agar mobil ini handal di medan off-road, Force telah mengaplikasikan low-range transfer case tetapi meninggalkan sistem shift-on-the-fly. Force Gurkha Xtreme juga akan dilengkapi dengan diff-lock depan dan belakang, seperti Gurkha standar. Pada suspensi juga mengalami upgrade dengan pengaturan multi-link di bagian depan dan di belakang. Gurkha Xtreme memiliki ground clearance 205mm.

Menurut media massa setempat, Gurkha Extreme akan dijual akhir bulan ini dan akan dibanderol sekitar Rs 14 lakh (on-road) atau sekitar Rp 287 juta.

Sementara Mahindra, bakal punya pesaing mobil penjelajah Thar Wanderlust yang memiliki kemiripan dengan Jeep Wrangler Hard Top. Mahindra Thar Wanderlust memiliki pintu bergaya gullwing di sisi samping untuk memudahkan akses kursi belakang. Di Pada bagian depan, fitur Thar menggunakan grill depan dengan tujuh kisi baru, bumper baru dengan winch, lampu LED dengan DRL LED yang melingkar dan lampu kabut.

Mahindra Thar Wanderlust juga mendapat snorkel untuk asupan udara, ban pacul dan spatbor custom di depan dan belakang. Bagian belakang SUV ini menampilkan cluster lampu yang baru, dua pipa knalpot, bumper baru dan jerigen di kedua sisinya. Mahindra Thar Wanderlust Sports mirip hard top dengan lampu penanda.

Fitur Thar Wanderlust yaitu penggunaan kaca spion samping, dan high lift jack mount. Thar custom ini dibalur dengan warna electric blue matte. Secara keseluruhan, bertambah garang dan siap turun ke medan off road.

Mahindra Thar Wanderlust mirip dengan versi standar SUV kecuali beberapa update seperti dashboard dual-tone dan setir di krem yang berbeda dengan versi reguler dengan warna hitam. Kabin juga berjejer empat kursi dengan jok depan Sparco, sunroof dan sistem infotainment touchscreen.

Mesin Mahindra Thar Wanderlust menggunakan diesel turbocharged 2.5 liter yang dapat menghasilkan torsi puncak 105bhp dan torsi 247Nm. Mesinnya dikawinkan dengan gearbox 5 kecepatan dengan sistem penggerak empat roda. Mahindra belum mengkonfirmasi tentang harga jual Thar Wanderlust custom.