a1

Terkungkung di padat dan panasnya ibu kota sering membuat kita bermimpi punya mobil yang bisa terbang. Ya, paling tidak kita punya angan-angan, untuk punya satu moda transportasi masa depan yang dapat mengantarkan kita dengan cepat ke tempat tujuan. Flying cars? Yup, itu jawabannya.

Aeromobil-3.0

Dan ternyata model mobil terbang atau aeromobil seperti itu juga telah tersimpan dalam benak sang desainer asal Slovakia, bernama Štefan Klein selama dua puluh tahun. Dan dari khayal itulah Štefan bersama dengan perusahaan Aeromobil akhirnya berani mengembangkan sebuah mobil prototype, yang dapat dengan mudah berubah fungsi menjadi pesawat terbang, begitu sebaliknya.

aeromobil-3-0-4

Mimpipun terwujud, pengembangan konsep ini akhirnya membuahkan hasil. Beberapa waktu lalu, mobil ini telah resmi mengaspal dengan nama Aeromobil 3.0, dan kabarnya sudah siap dipasarkan tahun depan. Dan menurut sang juru bicara, Tatiana Veber, Aeromobil, 3.0 merupakan konsep kendaraan ketiga yang dikembangkan desainer Slovakia, Stefan Klein sejak 1990.

aeromobil-3-0-9

Mobil terbang tersebut bakal memiliki panjang total 6 meter dan bila digunakan sebagai mobil, kendaraan ini punya lebar 2,24 meter, kalau digunakan sebagai pesawat terbang, lebarnya melar menjadi 8,32 meter. Kabar lainnya mengungkapkan, bahwa AeroMobil 3.0 terbuat dari bahan kerangka baja dan karbon coating, bahkan telah memiliki sistem autopilot dan sistem penyebaran parasut. Dan nantinya mobil terbang ini juga dilengkapi dengan sistem beefy suspension, yang tentunya memungkinkan pilot/driver untuk take off dan land on di medan aspal yang kasar. Selain itu, sudut variabel pada sayap Collapsible bisa membantunya untuk take off dan landing dengan jarak yang lebih pendek. Hal itu semakin menegaskan statement bahwa brand Aeromobil 3.0 ini tak butuh lapangan terbang.

Aeromobil-71-1280x720

Uniknya, mesin naturally aspirated Rotax 912 empat silinder berpendingin air, yang digunakan oleh Aeromobil 3.0 mampu melaju hingga kecepatan 160 km/jam, tapi saat berubah menjadi pesawat, kecepatan maksimal kendaraan ini bisa mencapai 200km/jam. Dengan tenaga tersebut mobil berbobot 450kg ini mampu menempuh jarak di udara sekitar 700 Km dan jarak tempuh darat sekitar 500 Km. Dan saat mode mobil diaktifaskan, Aeromobil 3.0 meminum 8 liter bensin untuk menempuh jarak 100km. Sedangkan saat berubah menjadi pesawat, konsumsi BBMnya mencapai 15 liter/jam.