Permasalahan airbag inflator pada vendor Takata yang dialami berbagai pabrikan dunia masih belum usai. Imbas dari mekanisme pengembang kantung udara pada mobil tersebut turut berdampak pada Agen Pemegang Merek mobil penumpang di Indonesia.

Setelah Toyota, Honda dan Mitsubishi yang mengumumkan penggantian unit airbag inflator gratis pada beberapa produknya, kini giliran Nissan yang melakukan hal serupa. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) lewat ‘voluntary recall campaign’-nya mengumumkan kepada pada para pemilik mobil Nissan di Indonesia, Jumat (24/9) untuk turut melakukan penggantian airbag inflator unit, di sisi kursi pengemudi.

Sebagai salah satu bagian dari kampanye Nissan Global, NMI turut mengambil langkah proaktif dan komprehensif untuk mengidentifikasikan kendaraan yang terkena dampak dari kejadian ini dan menginformasikan kepada para konsumen terkait, untuk segera membawa kendaraan mereka ke bengkel resmi Nissan terdekat di seluruh Indonesia.

Beberapa model yang terkena dampak dari kasus airbag inflator Takata ini adalah Grand Livina / Livina / X-Gear produksi April 2007 – November 2013, Latio produksi Agustus 2006 – Agustus 2009 dan Navara produksi Januari 2011 – Desember 2014.

NMI mencatat ada sekitar 53.766 unit kendaraan model Nissan di Indonesia yang teridentifikasi bermasalah pada unit pengembang kantung udara pengemudi tersebut. Diantaranya Grand Livina / Livina / X-Gear berjumlah 48.719 unit, Latio sebanyak 976 unit dan Navara sejumlah 4.071 unit.

Konsumen akan mendapatkan penggantian unit airbag assy pada bagian kursi pengemudi – tepatnya pada bagian lingkar kemudi – secara gratis mulai dari 23 September 2016. Sementara proses penggantian airbag diperkirakan akan memakan waktu 1 jam.

President Direktur NMI, Antonio Zara, menjelaskan sangat penting bagi kami untuk memberikan informasi secara detail dan transparan kepada konsumen, agar konsumen dapat segera mengunjungi bengkel resmi Nissan untuk mendapatkan penggantian secepatnya. Nissan berkomitmen selalu menjaga pelayanan dan kepuasan konsumen. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dealer kami di seluruh Indonesia untuk melayani konsumen sebaik-baiknya.