Generasi Y adalah generasi kaum muda jaman sekarang yang berusia 18 – 34 tahun. Generasi ini cenderung menarik karena pola tingkah lakunya yang unik dan berbeda dari generasi sebelumnya. Penyebabnya banyak, salah satunya adalah terbuka luasnya akses mereka ke Internet.

Berbicara soal selera otomotif, generasi Y ternyata berbeda di tiap-tiap negara. Bill Gurley dari Benchmark Capital menyatakan bahwa generasi Y – generasi kaum muda yang saat ini berusia 18-34 tahun, tidak berkeinginan untuk memiliki mobil. Hal ini jelas aneh karena Berdasarkan hasil studi yang dilakukan situs jual beli kendaraan Carmudi, lebih 6 juta kunjungan ke situs Carmudi Indonesia hingga Mei 2015 justru adalah generasi Y.

Data tersebut didapatkan dari kantor-kantor Carmudi di wilayah Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya) pada bulan Mei 2015. Sebanyk 34%  pencarian mobil online dilakukan oleh generasi Y, sedangkan yang berusia 35-44 tahun hanya mendominasi 20%. Carmudi berpendapat bila hasil ini tidak mengejutkan. Pasalnya kenyamanan berbelanja merupakan hal penting bagi generasi Y dan mereka menganggap belanja online saat ini sudah memberikan kenyamanan tersebut.

Akrabnya generasi Y dengan Internet adalah penyebab kecenderungan tersebut. Generasi Y merasa membandingkan harga serta membandingkan spesifikasi mobil sebelum melakukan pembelian mobil, saat ini sudah jauh lebih mudah dan semakin nyaman dilakukan secara online.Bagi mereka, internet bukanlah hal asing karena merekalah generasi yang lahir dan langsung terubung dengan Internet. Bahkan menurut Carmudi, secara global berdasarkan hasil penelitian, 8 dari 10 orang kaum muda generasi Y telah merencanakan akan membeli mobil dalam 12 bulan ke depan.

“Perubahan karakter demografi di negara-negara berkembang sangat penting bagi industri otomotif. Semakin banyak penduduk negara-negara berkembang yang akrab dengan teknologi dan merasa nyaman menggunakan internet dalam keseharian mereka. Kaum muda generasi Y banyak menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang konsumsi dan sangat antusias terhadap apapun yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi kami yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (e-commerce).” Jelas Wouter van der Kolk,Managing Director Carmudi Indonesia.