Komunitas NHRA (National Hot Rod Association) yang menggawangi para pelaku drag race di Amerika Serikat (AS) cukup terkejut dengan kemampuan All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet saat eksebisi pada Kejuaraan Nasional di Lucas Oil Dragstrip, Indianapolis, AS. Pasalnya, mobil balap listrik kreasi Ford Performance tersebut hadir untuk menantang Ford Mustang Cobra Jet V8 yang memegang rekor waktu tercepat NHRA Factory Stock.

Berbekal motor listrik setara 1.400 hp yang didaulat untuk menggerakan keemat rodanya, All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet yang dipiloti oleh Bob Tasca, pembalap Funny Car di NHRA mengambil line up di jalur sebelah kanan. Sementara Ford Mustang Cobra Jet konvensional dengan sumber pacu V8 5.200 cc, yang dibesut oleh mantan pembalap Funny Car NHRA, Tony Pedregon, berada di jalur sebelah kiri pada lintasan quarter mile atau 402 meter.

Saat kedua lampu pre-stage dan stage menyala, raungan rpm yang telah dibatasi oleh sistem launch control terdengar keras dari mesin V8 5.2 liter besutan Pedregon. Sementara Cobra Jet elektrik besutan Tasca terdengar senyap, setidaknya begitulah yang kami saksikan di akun YouTube NHRA dan TVB Nasional setempat saat eksebisi ini berlangsung.

Selepas lampu hijau menyala, tanda kedua mobil diperbolehkan melesat, Tasca dengan Cobra Jet elektrik mengawalinya terlebih dahulu dengan wheelie mengangkat moncong depan besutannya akibat muntahan torsi sebesar hampir 1.500 Nm yang keluar secara instan dari motor listriknya. Sementara Pederegon terlihat lebih smooth mengawali eksebisinya di dragstrip milik Lucas Oil.

Mustang Cobra Jet elektrik nyatanya memang finish di belakang V8 5.2 liter, namun jaraknya cukup dekat sekali. Saat Mustang Cobra Jet V8 5.2 liter membukukan waktu 8,797 detik pada kecepatan 158,26 mph, versi elektrik mengejar dengan catatan waktu 8,826 detik pada 158,81 mph.

Padahal sebelumnya saat pengetesan mandiri, All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet sempat membukukan waktu tercepat 8,27 detik pada 168 mph. Sementara versi konvensional V8 5.2 liter pernah membukukan waktu 7,7 detik pada 176 mph yang membuatnya menjadi pemegang rekor tercepat NHRA Factory Stock hingga saat ini.

Mobil berpenggerak motor listrik saat ini mulai diterima oleh komunitas NHRA. Dilansir dari The Detroit Times, punggawa NHRA, Chief Ford Performance, Mark Rushbrook menyebutkan, Ford dan NHRA sedang mencari kesepakatan untuk membawa mobil drag elektrik ke lintasan nasional Drag Race AS.

“Saat ini NHRA sedang mempertimbangkan untuk membuka kelas balap baru lkhusus elektrik sebagai bagian dari sebuah kompetisi nasional. Bahkan NHRA juga akan memanggil produsen lain untuk duduk bersama membahas regulasinya,” ujar Rushbrook.