Pada kenyataannya, All New Honda Brio bukanlah produk pertama yang dirakit PT Honda Prospect Motor (HPM) dan dikirim secara utuh ke luar negeri. Menurut catatan, Honda Freed juga pernah diekspor Honda dengan tujuan ke Asia Tenggara sejak delapan tahun lalu.

Honda Freed buatan fasilitas produksi HPM di Karawang, Jawa Barat ini pertama kali diekspor pada 2011 lalu. Thailand dan Malaysia menjadi negara tujuan ekspor MPV (Multi Purpose Vehicle) pintu geser tersebut selama beberapa tahun.

Kegiatan ekspor secara utuh ini sudah tidak lagi dilanjutkan sejak 2014 lalu. Selain mengekspor secara utuh Honda Freed dan Honda Brio, HPM diketahui juga melakukan kegiatan ekspor komponen buatan Indonesia untuk ke negara lain.

Ekspor komponen ini pertama kali dilakukan Honda sejak 1992 silam. Berbagai komponen telah dikirim Honda ke 11 negara dengan total volume ekspor mencapai 10.000 kontainer senilai Rp 3 trilliun.

Presiden Direktur PT HPM, Takehiro Watanabe menyebutkan, selama 20 tahun HPM terus berusaha menjadi perusahaan yang diinginkan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia. Kami percaya bisnis Honda di Indonesia akan terus membawa kontribusi positif terhadap industri dan masyarakat di Indonesia.