Label Suzuki Sport kini tak lagi identik dengan sebuah mobil produksi massal Suzuki yang punya performa lebih baik dari standar. Kini label in house tuner Suzuki dari Jepang tersebut di Indonesia menjadi sebuah varian dengan kasta tertinggi di jajaran produk serupa.

Setelah tampil dalam bentuk purwarupa di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya melansir All New Ertiga Suzuki Sport dalam bentuk produksi massal untuk konsumennya.

Seperti yang kami sebutkan tadi, jangan berharap ada perbedaan performa yang signifikan dari All New Ertiga dengan label Suzuki Sport ini. Seluruh jantung mekanis pembangkit tenaga seluruhnya tak ada perbedaan dengan All New Ertiga tipe dasar sekalipun, yakni K15B  VVT 1.462cc dengan tenaga 103 dk dan torsi 138 Nm.

Suzuki Sport kini sudah menjadi sebuah varian dengan kasta paling tinggi di Indonesia. Seperti pada All New Ertiga ini, untuk varian Suzuki Sport menjadi varian paling mahal yang harus ditebus konsumen di angka Rp 241 juta untuk transmisi manual dan Rp 251,5 juta untuk yang bertransmisi otomatik.

Varian All New Ertiga Suzuki Sport menjadi yang termahal berkat penambahan peranti aerodinamika di sekujur bodynya. Sesungguhnya Suzuki menambah sebanyak sembilan unit atribut tambahan body pada All New Ertiga paling mahal ini.

Mulai dari Upper dan Lower Grille, DRL LED, Front Spoiler, Side Skirt, Rear Upper Spoiler, Rear Under Spoiler, kamera parkir dan lingkar pelek. Seluruhnya punya desain baru yang menurut PT SIS bakal meningkatkan tampilan All New Ertiga jadi lebih sportif.

Opsi fitur keselamatan berkendara aktif juga sedikit ditambah oleh PT SIS untuk All New Ertiga Suzuki Sport. Yaitu adanya Electronic Stability Programme (ESP) untuk manual dan otomatik serta Hill Hold Control khusus untuk varian bertransmisi otomatik.

Varian All New Ertiga Suzuki Sport ini hanya punya tiga opsi warna, yakni Cool Black, Pearl Snow White dan Metalic Magma Grey. Bagian kabin seluruhnya dibalut bahan fabric berkelir hitam untuk semakin menegaskan karakter sportif dari varian ini.

Dalam peluncurannya, Setiawan Surya selaku 4WDeputy Managing Director PT SIS menyebutkan, penyematn konsep Suzuki Sport pada All New Ertiga ini dilakukan untuk memenuhi selera pasar yang menginginkan mobil keluarga dengan tampilan sporty dan fitur modern. Beberapa pembaruan diberikan untuk membuat All New Ertiga Suzuki Sport terlihat lebih agresif dan menambah kebanggaan dan keistimewaan bagi pemiliknya.