ford_focus_rs_rendering
Untuk pertama kalinya, All-new Ford Focus RS diluncurkan dan diproduksi secara global di seluruh dunia. Meski Ford belum melansir pasar manakah yang akan kebagian hatchback berperforma tinggi ini, rumor santer beredar bila pasar Amerika Serikat adalah yang pertama kebagian mencicipi model terbaru ini.

Mengenai teknis, sebelumnya detil sempat beredar bila Focus RS akan ditenagai oleh mesin EcoBoost turbocharged 2.3-liter terbaru. Produksi tenaganya mencapai 310 dk dan torsi 320 lb-ft. Spesifikasinya pun sama dengan yang diusung di Mustang. Gaya bodinya dibuat lebih agresif fan suspensinya lebih kaku daripada Focus ST.

“Untuk menempelkan emblem RS, kendaraan ini harus menjadi sebuah mobil yang tidak memiliki kompromi. Sanggup memberikan performa baik di trek maupun dalam berkendara sehari-hari,” jelas kepala pengembangan Ford,Raj Nair.

Focus RS adalah satu dari sekian kendaraan Ford berperforma tinggi yang akan diluncurkan di bawah nama Ford Performance hingga 2020. Mengikuti cetak biru perusahaan dengan One Ford, semua merek performa nantinya akan berada dalam satu wadah. Sebelumnya, mereka sempat terpecah-pecah dalam grup seperti SVT dan RS.