2014-Jeep-Cherokee-1

Tak ada yang bisa menyangkal. Sejak kehadiran generasi pertama pada tahun 1974, kendaraan berjenis Sport-Utility Vehicle (SUV) dua medan, Jeep Cherokee ini memang banyak yang melirik. Namun, aura keberhasilan dari kendaraan ini baru terasa setelah generasi kedua dengan kode sasis ‘XJ’ pada tahun 1984 bisa meluncur dengan sempurna dan banyak diminati oleh konsumen diseluruh dunia. Dan sejak saat itulah, brand Jeep mampu untuk menjual tidak kurang dari 100,000 unit per tahun. Hal itu ternyata tak bisa bertahan lama, karena seri Cherokee XJ mengakhiri masa produksi 18 tahun kemudian yaitu pada tahun 2001.
Lama tak terdegar, gaung kendaraan ala Amerika Serikat akhirnya muncul kembali di pasar otomotif dunia pada tahun 2013 silam. Dan di esok hari, tepat di tanggal 5 Agustus,  kendaraan gagah dua medan ini akan dibawa secara resmi oleh PT Garansindo Inter Global untuk mengaspal di tanah air.

“All-new Jeep Cherokee yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 lalu, siap untuk menyapa Indonesia dan menjadi premium mid-size suv 4×4 terbaik yang memiliki kemampuan on-road yang nyaman namun kapabilitas 4×4 yang hebat,” ungkap Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, PT Garansindo Inter Global.

“Ya memang rencananya sebelum IIMS, habis Lebaran, akan kami datangkan model baru All-New Jeep Cherokee. Pokoknya modelnya lebih oke dan modern, misalnya grille-nya terlihat modern,” lanjut Rieva.

Tapi, akankah si Cherokee ini alami masa ‘down spec’?. Jawabannya. Tidak. Sekilas info, All-New Cherokee dipersenjatai mesin Tigershark, 4-silinder berkapasitas 2.400 cc, yang mampu menyemburkan tenaga 184 hp dengan torsi 231 Nm. Dapur pacunya kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis 9-percepatan. Guna mendapatkan keiritan BBM, Jeep mendesain gardan belakang yang bisa ‘dicopot’, sehingga hanya penggerak depan saja yang aktif.

Di bagian dalam, Jeep menyodorkan dua pilihan terbatas warna jok, dan desain dashboard nampak lebih modern dari generasi sebelumnya sehingga terlihat lebih berkelas.

Model terbaru Cherokee ini juga telah dibekali Daytime Running Light, head lamp berteknologi Bi-Xenon, dan di sektor kaki-kaki dipasangkan velg berdiameter 18 inci.

Untuk harga? Hm…. pihak Rieva enggan membocorkan berapa pricing All-New Jeep Cherokee ini di tanah air. Tunggu kabar selanjutnya…