Sebuah hal yang biasa bagi seorang pria memiliki kesibukan lain diluar pekerjaan sehari-hari. Seperti, sebut saja ia Haka. Diluar kesibukannya menjalankan sebuah perusahaan digital marketing, Haka juga aktif berorganisasi di salah satu partai politik.

Sebagai seorang yang juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, tingkat kesibukannya belakangan ini melonjak dua kali lipat menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden. Kesehariannya harus berpindah-pindah tempat menghadiri pertemuan dan menjalankan bisnis, mengharuskan ia memiliki moda transportasi yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhannya.

Memang banyak pilihan di pasaran, namun pria berpenampilan dandy ini memilih sebuah All New Toyota Voxy yang ia lihat pertama kali di GIIAS 2017 lalu. Sebelumnya dia sudah banyak mempertimbangkan beberapa hal sampai akhirnya memutuskan untuk meminang MPV yang didatangkan PT Toyota Astra Motor bulat-bulat dari Jepang tersebut.

Harga misalnya. Dengan banderol Rp 452 juta (on the road) Jakarta, Haka mendapatkan banyak kelebihan ketimbang menebus satu unit All New Toyota Kijang Innova yang harga jualnya makin melambung tinggi, hingga sudah mencapai Rp 400 juta-an.

Pertimbangan berikutnya adalah luas kabin. Walau tak seluas Toyota Alphard, namun dengan harga yang tak sampai setengahnya, bagi Haka ini lebih dari cukup.

Kemudian adalah jaminan kepemilikan. Untuk yang satu ini Haka bersikeras tak ingin kerepotan soal perawatan mobilnya. Kendati CBU (Completely Built Up), Haka merasa dengan banyaknya jaringan dealer dan bengkel Toyota di Indonesia, ia dapat tidur nyenyak tanpa memikirkan soal ketersediaan komponen pengganti dan perawatan yang sesuai standard.

Setelah menunggu proses pengiriman mobil dari Jepang, akhirnya All new Toyota Voxy sukses mendarat di tempat tinggalnya. Tanpa buang waktu, generasi ketiga Toyota Voxy berkode sasis R80 ini langsung dibesut menjalani kegiatan sehari-hari.

Saat disopiri, Haka benar-benar dapat menikmati kelapangan kabin tengah All New Toyota Voxy. Konfigurasi pintar bangku baris kedua ini mampu memberikan kelegaan yang ekstra luar biasa. Jok captain seat tersebut bisa disetel berjarak untuk memberikan akses bagi penumpang ke baris ketiga dan bisa diatur rapat dan dimundurkan hingga 30 cm kebelakang untuk memberikan keleluasaan bagi ruang kaki.

Saat dibutuhkan, jok baris ketiga dengan konfigurasi lipat 50:50 ini dapat diduduki dengan nyaman dan aman berkat adanya sandaran kepala dan sabuk pengaman. Mau lebih luas? Jok captain seat di bagian tengah bisa dimajukan tanpa harus mengorbankan kelapangan ruang kaki penumpang di baris kedua.

Akses keluar masuk kabin pun sangat mudah berkat dua pintu geser elektrik berdimensi lebar dan lantai rata yang membentang dari depan hingga belakang. Bahkan Haka sempat berpikir jika dirinya terjebak dalam kemacetan di atas garis zebra cross pun, tinggal buka kedua pintu geser kiri dan kanan maka pejalan kaki bisa leluasa menyebrang jalan melewati kabin Toyota Voxy.

Sebagaimana terlahir sebagai mobil keluarga, kepraktisan yang ditawarkan pesaing Nissan Serena ini cukup banyak. Seluruh sisi tempat duduk punya cup holder dan laci terbuka untuk barang-barang. Bahkan Anda juga punya meja makan dan tatakan gelas bagi penumpang di baris kedua.

Saat seluruh bangku dalam posisi terbuka, Anda masih punya ruang kargo di bagasi yang bisa dimuat hingga enam koper ukuran sedang. Di bawahnya ada kotak penyimpanan tertutup untuk meletakkan barang-barang agar tidak berceceran di bagasi.

Bagian depan juga tidak kalah. Sejauh jangkauan tangan baik pengemudi maupun penumpang, terdapat lokasi tempat penyimpanan terbuka dan tertutup untuk meletakkan gadget dan kawan-kawan.

Saat duduk di depan, pengguna sepatu buatan Steve Van Doren ini cukup terpukai dengan aplikasi bahan softpad di dashboard hingga doortrim yang bersanding dengan material plastik tebal kualitas tinggi. Tombol-tombol pengaturan yang ada di sekujur dashboard menurutnya masuk dalam kategori driver oriented. Alias mudah dijangkau oleh pengemudi tanpa effort menggerakkan tubuh.

Komposisi bahan kulit dipadu fabric berwarna hitam dan cokelat tua berhasil mengangkat citra premium dari mobil yang punya identitas Toyota Noah di negara lain. Hadirnya atap kaca tilt manual di bagian depan dan kaca sunroof elektrik di bagian turut menunjang kemewahan yang dimiliki oleh Toyota Voxy. “Ada ‘mainan” baru untuk kampanye nih,” pikir Haka.

Oh iya, fabric yang menempel di kabin Toyota Voxy ini bukan bahan murahan yang dapat memberikan efek rasa panas pada punggung saat diduduki berlama-lama. Semakin terkena embusan udara dingin dari sistem penyejuk udara triple zone, bahan dimaksud kian terasa lembut dan dingin.

Haka pun menjajal kemudi dari All New Toyota Voxy-nya untuk mengantisipasi bila sopirnya absen. Walau tak punya fitur penggerak elektrik, namun jok di sisi driver ini punya banyak konfigurasi pengaturan untuk mendapatkan posisi duduk terbaiknya.

Sementara tengah dashboard terdapat sekumpulan tombol yang dapat mengakses seluruh pengaturan penyejuk udara di kabin. Seluruh tombol tersebut didesain dengan bagian luar yang membulat sehingga terlihat menarik.

Puas mengecap kenyamanan, pehobi kuliner ini penasaran dengan performa sumber tenaga 3ZR-FAE 1.987 cc. Well, walau bukan yang terbaik di kelasnya, namun mesin yang dipadukan dengan transmisi otomatis CVT 7-percepatan tersebut cukup mumpuni di jalan perkotaan.

Baginya, mesin dimaksud sudah lebih dari cukup. Soal perhitungan bahan bakar misalnya, angka 12,1 km/liter untuk konsumsi bahan bakar dengan RON 92 terhitung hemat untuk mobil sebesar Toyota Voxy. Sementara di ruas jalan tol, perbandingan konsumsi BBM-nya mencapai 16,5 km/liter, masih masuk kategori irit bukan?

Soal fitur, Haka cukup puas dengan apa yang disematkan Toyota pada Voxy. Di sisi keamanan, Toyota memperhitungkan betul kehadiran anak kecil di mobil ini. Mulai dari kaca yang punya fitur auto-down saat ada hambatan, pengunci pintu elektrik hingga fitur yang dapat mengunci sunroof elektrik.

Dari lingkar kemudi, dirinya dapat mengakses seluruh fitur dan informasi yang diperlukan. Mulai dari mengoperasikan AC depan-belakang, mengontrol audio, mengakses informasi dan mereset layar MID, menjawab panggilan telefon hingga mengatur audio.

Overall, Haka cukup puas dengan All New Toyota Voxy. Selain punya desain dan fitur modern dengan pengaplikasian lampu LED di seluruh bagiannya, Toyota masih mempertahankan bentuk boxy layaknya van khas Jepang. Saking menyenangkan, Haka juga merasa makin betah berada di dalam kabin Toyota Voxy. Baik disopiri atau mengemudikannya sendiri, sama-sama nyaman.