SUV premium masih merupakan sebuah segmen baru untuk dijajaki merek sekaliber Lexus. Jelas tentu, pasalnya imej merek mewah subsidiari Toyota ini sudah melekat erat dengan sedan-sedan empuknya. Namun engineer dan desainer Lexus berhasil menciptakan kendaraan berdimensi kompak dengan kenyamanan serta fitur yang canggih berupa Lexus NX.

Sejatinya, Lexus tidak terlalu terlambat memasuki segmen gembur ini. Terbukti mereka sudah mengawalnya dengan kehadiran LX pada 1995 sebagai Premium Luxury SUV. Kemudian berlanjut di tahun 1997 dengan produk RX series yang dikategorikan sebagai Medium Luxury SUV. Melalui Lexus NX kini kian lengkaplah sudah line up SUV Lexus untuk menjajaki pasar di Indonesia.

“Kami bersyukur bisa mengawali 2015 ini dengan kehadiran keluarga baru, Lexus NX untuk konsumen di Indonesia. Kami optimis NX akan menjadi pilihan terbaik pada Compact Luxury SUV,” kata  Suparno Djasmin, Lexus Principal Indonesia

Untuk pasar Indonesia, Lexus memberikan varian Luxury maupun F-Sport pada NX 200t. Perbedaan ada pada segi eksterior dan beberapa fitur, dimana F-Sport terlihat lebih sporti khususnya pada Spindle Grille serta interior yang memberikan nuansa performance.Sedangkan untuk Luxury jelas tentu kemewahan yang jadi penekanan utamanya.

Mengenai mesin, NX merupakan Lexus pertama yang menggunakan teknologi eco-turbo berupa mesin 4-silinder dengan kode 8AR-FTS berkapasitas 1.998 cc. Setoran tenaga 238 ps dan torsi mumpuni pada 350 Nm sudah bisa dirasakan sejak putaran mesin menyentuh angka 1.600 rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda, Lexus menggunakan transmisi 6-speed otomatis yang juga bisa diganti secara manual menggunakan Paddle-Shift di balik kemudi.

Untuk kemewahan sendiri, desain eksterior Lexus NX mengambil inspirasi bentuk berlian yang menghadirkan garis aerodinamis serta tampilan yang sporti. nuansa sport pun terasa kental di dalam kabin dengan dasbor berdesain tegas dan dihiasi tombol yang ergonomis. Bangku yang sporty juga nyaman dan memeluk tubuh dengan sempurna.

Dengan target 250 unit di 2015, Lexus NX mencoba menawarkan sebuah harga yang terbilang cukup kompetitif. Varian Luxury dihargai Rp935 juta sedangkan F-Sport Rp970 juta. Pabrikan pun optimis bila produknya ini bakal sanggup menembus segmen compact luxury SUV di Indonesia.