Produsen smartphone  dan komputer pintar asal AS, Apple digosipkan sedang berminat untuk mengakuisisi pabrikan supercar McLaren. Dari informasi yang kami rangkum dari berbagai media massa asing, Apple tertarik untuk membeli McLaren lantaran memiliki kemampuan dan teknologi tinggi dalam konstruksi serat karbon komposit, body alumuium dan sistem komputer on board.

Apple kini dikabarkan sedang dalam proses pengembangan proyek mobil listrik, dengan kemudi otomatis atau autonomous drive. Dengan mengakuisisi McLaren, diperkirakan akan menjadi sebuah langkah strategis bagi Apple untuk melakukan riset terhadap proyek mobil listriknya.

Disinyalir Apple menyiapkan dana sebesar 1 – 1,5 miliar dollar AS atau setara Rp 13 – Rp 19 triliun untuk membeli pabrikan mobil asal Inggris tersebut.

Di lain sisi, perusahaan yang memiliki divisi khusus untuk pengembangan motorsport dalam kompetisi Formula 1 pun mengelak tentang persoalan ini, dengan mengeluarkan pernyataan resmi.

Dalam keterangan resminya, McLaren membantah soal tidak sedang berdiskusinya McLaren dengan Apple untuk investasi maupun potensi bisnis apapun. Namun juru bicara resmi McLaren mengakui secara rutin pihaknya memang kerap mengadakan diskusi dengan banyak pihak, seperti yang dikutip dari Reuters.

Sejauh akuisisi tersebut hanyalah soal isu belaka ataupun memang sebuah proyek rahasia, memang belum ada yang dapat memastikan. Namun langkah Apple untuk terus mengembangkan mobil ramah lingkungan yang sarat teknologi canggih patut di apresiasi untuk menyambut era digital di masa depan.