Produsen ponsel dan komputer asal Amerika Serikat (AS) Apple Inc, dikabarkan menandatangani nota kesepahaman kemitraan dengan produsen kendaraan asal Korea Selatan Hyundai dalam pembuatan mobil listrik otonom. Apple Car, demikian produk itu disebut akan mulai dibahas secara bersamaan mulai Maret mendatang.

Menurut informasi yang diberitakan oleh Reuters, Apple Car akan mulai diproduksi pada 2024 mendatang di AS.

Hyundai Motors sendiri belum menginformasikan secara valid soal proyak mobil listrik otonom Apple Car ini. Namun soal mobil listrik, Hyundai memang menaruh konsentrasi besar untuk pengembangan produknya dalam beberapa kurun waktu terdepan.

Versi sebelumnya Hyundai pernah mengatakan berencana untuk membangun mobil di pabrik KIA Motors di Georgia, atau berinvestasi bersama di pabrik baru di Amerika Serikat untuk memproduksi 100.000 kendaraan listrik pada 2024. Kapasitas penuh secara tahunan dari pabrik itu diusulkan 400.000 kendaraan.

KIA Motors sendiri merupakan afiliasi dari Hyundai Motor. Laporan itu juga mengatakan Hyundai dan Apple berencana untuk merilis “versi beta” dari Apple Car tahun depan.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Apple semakin mantap menggarap teknologi mobil otonom dan bertujuan untuk menghasilkan kendaraan penumpang yang dapat mencakup teknologi baterai terobosannya sendiri pada awal 2024.