Aston Martin memperkenalkan hypercar terbaru mereka yaitu Aston Martin Valkyrie AMR Pro dalam ajang Geneva International Motor Show 2018. Dikembangkan dari versi jalan raya yang telah ada, pembuatan Aston Martin Valkyrie AMR Pro bertujuan menciptakan kendaraan dengan performa setara Le Mans LMP1 atau bahkan mobil Formula 1.

Salah satu kunci performa Aston Martin Valkyrie AMR Pro hadir dari desainnya. Di mana setiap bagian dari bodinya sangat menunjang aspek aerodinamika dan meningkatkan downforce secara signifikan.

(Baca juga: TAG Heuer x Aston Martin: Kolaborasi Brand Prominen Motorsport)

Dibanding model yang sudah ada, perubahan yang paling jelas adalah pada bodywork yang lebih lebar dan elemen sayap depan dan belakang yang jauh lebih besar. Dikombinasikan dengan active aerodynamic control strategies yang sudah disesuaikan untuk track driving.

Untuk menghemat bobot, keseluruhan bodywork ini menggunakan konstruksi serat karbon yang lebih ringan. Demikian juga dengan dilepasnya sejumlah komponen seperti heater/de-mister blower dan layar infotainment yang dipasang pada versi mobil jalanan.

Valkyrie_AMR_Pro 01

Ditambah pemasangan komponen sangat ringan seperti kaca depan yang terbuat dari bahan polycarbonate (yang dilengkapi dengan pemanas) dan jendela samping, wishbones suspensi dari serat karbon, kursi balap dan sistem pembuangan yang lebih ringan untuk memastikan bobot AMR Pro mencapai target berat 1.000 kg.

Sedangkan, perubahan kalibrasi pada sistem kontrol emisi pada mesin 6.5-liter naturally-aspirated V12 dan pemrograman ulang perangkat lunak kendali Energy Recovery Sytem akan menghasilkan output daya gabungan lebih dari 1100bhp.

Figur tersebut lebih beyang dimiliki versinya jalan raya Valkyrie dan menjadi sebuah angka luar biasa dimana melebihi ratio 1:1 power-to-weight. Itu berarti lebih dari 1bhp untuk mendorong setiap kilogram dari bobotnya.