Audi dan Volkswagen melalui pemegang merek resminya, PT Garuda Mataram Motor bakal menghadirkan SUV (Sport Utility Vehicle) terbarunya di pameran GIIAS 2019, ICE BSD mendatang. Dua model Audi Q8 dan VW Tiguan Allspace bakal dirilis untuk meramaikan pasar SUV 7-Seater premium di tanah air.

Q8 merupakan SUV terbesar yang dimiliki Audi saat ini. Dimensinya sendiri berukuran panjang 4,99 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,71 meter. Dengan begitu, Audi Q8 merupakan SUV paling lapang yang dimiliki Audi.

Penggerak empat roda atau Quattro menjadi fitur standar pada SUV yang akan dibekali dengan lumbung pacu 3.0 liter V6 bertenaga 340 dk dan torsi 500 Nm tersebut.

Selain Audi Q8, PT Garuda Mataram Motor juga akan merilis VW Tiguan Allspace yang bisa menampung hingga 7-penumpang. Tiguan Allspace yang didesain berdasarkan platform MQB (modular transverse matrix) menjadi model generasi kedua dengan jarak sumbu roda lebih panjang 77 mm dibanding generasi pertama.

Model ini menggendong mesin 1.400cc TSI bertenaga 150 tenaga kuda dan torsi 250 Nm. Pilihan transmisi yang tersedia yaitu otomatis 6-percepatan kopling ganda plus triptonic.

Chief Operating Officer (COO) PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, menyebutkan kedua model tersebut dipastikan akan diluncurkan pihaknya di perhelatan pameran GAIKINDO tersebut.  Jonas mengatakan pada tahun lalu konsumen VVIP sudah dikabarkan soal rencana peluncuran Q8 dan sekiranya ada 10 konsumen yang menaruh minat.

“Sementara untuk Tiguan model terbaru ini akan hadir menggantikan model generasi kedua Tiguan lima penumpang yang selama ini sudah ditawarkan di dalam negeri,” kata Jonas.