Elektrifikasi dan hydrogen adalah gaya baru berkendara hijau dan praktik penghematan konsumsi bahan bakar untuk kendaraan secara nyata. Pabrikan mobil di dunia, berlomba menciptakan model-model baru untuk didistribusikan ke masyarakat.

Australia adalah salah satu negara yang sangat peduli dengan penghematan bahan bakar dan udara yang lebih bersih tanpa emisi di kota-kotanya. Salah satunya dengan mengajak produsen lokal bahan bakar hydrogen untuk menandatangani nota kesepahaman dengan pabrikan mobil sebagai bentuk pengembangan infrastruktur kedepan.

Hyundai Motor Corporation menjadi pabrikan pertama yang terlibat dalam kerjasama dengan Jemena Ltd dan Coregas untuk hal ini. Mereka sepakat untuk memproduksi dan memasok hidrogen dari tenaga surya serta angin ke kota-kota di benua kanguru tersebut. Sydney adalah kota pertama yang akan menjadi proyek percontohan di 2021 mendatang.

“Kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar kritis disebut-sebut sebagai penghambat penjualan kendaraan hidrogen,” kata Frank Tudor, Managing Director Jemena, dalam sebuah pernyataan. Menurut Frank, perjanjian tersebut menjadi kesempatan untuk menunjukkan bahwa gas hidrogen yang dihasilkan secara terbarukan dapat langsung tersedia untuk sektor kendaraan dan transportasi.

Showroom mobil Macquarie Park Hyundai di Sydney saat ini satu-satunya tempat pengisian bahan bakar hidrogen di Australia. Satu showroom lagi sedang dibangun di Canberra, dan rencananya disusul di Melbourne dan Brisbane.

Pemerintah Australia juga berupaya membangun industri ekspor hidrogen selama dekade berikutnya dengan memanfaatkan keunggulan alami negara tersebut.