Beberapa pengguna mobil memiliki anggapan menggunakan pelumas merek tertentu bisa memperbaiki performa mesin kendaraannya. Hal ini dimanfaatkan oleh produsen pelumas merek tertentu sebagai gimmick atau iming-iming agar menarik minat konsumen.

Padahal hal tersebut sepenuhnya salah. Logikanya begini, seiring masa pemakaian, performa kendaraan pasti akan menurun. Komponen pada mesin yang bergerak terus menerus akan mengalami keuasan, tingkat keausan komponen ini tergantung dari jarak tempuh dan masa pemakaian.

Semakin banyak jarak tempuh dan masa pakai kendaraan, persentase tingkat keuasan komponen mesin tentu akan semakin tinggi. Jika hanya dengan menggunakan pelumas merek tertentu bisa memperbaiki performa sebuah mesin kendaraan, lantas apa gunanya overhaul atau penggantian jeroan internal mesin?

Sejurus dengan hal tersebut, Benny Wijaya, Assistant Sales Manager Aftermarket Group Aisin Indonesia menekankan bahwa perlu diketahui, fungsi pelumasan itu kan untuk menjaga tingkat keausan komponen bergerak seperti didalam mesin, gigi transmisi dan gigi differensial. Jadi mencegah keausan, bukan memperbaiki.

“Kira-kira pemahamannya seperti ini, katakanlah dalam sebuah kasus kondisi komponen mesin mobil sudah mencapai 50% tingkat keausannya. Dengan menggunakan pelumas kami yang spesifikasinya benar dan sesuai iklim, kondisinya akan tetap prima di 50%,” terang Benny.

Aisin dalam hal ini sebagai produsen komponen internal dan eksternal pada mesin kendaraan, paham betul bagaimana caranya memproduksi komponen kendaraan yang kuat umur pakainya dan terjangkau harga jualnya bagi konsumen. Oleh karenanya, baru-baru ini Aisin meluncurkan beragam produk pelumas multigrade untuk mesin bensin dan diesel serta transmisi yang dirancang khusus untuk iklim dan kondisi lalu lintas di Indonesia.

Benny menambahkan, keausan komponen tentu pasti akan terjadi sepanjang mesin mobil dihidupkan dan dipakai bergerak. Namun dengan pemilihan spesifikasi pelumas yang sesuai, tingkat keausan akan lebih terjaga yang artinya memperpanjang umur pakai komponen.

“Pelumas yang baik mampu mencegah tingkat keuasan ke yang lebih parah lagi,” tutupnya.