Aksi Nicolas Cage di balik kemudi Shelby Mustang GT500 bernama “Eleanor” pernah membius setiap penonton film “Gone in 60 Seconds.” Dalam kehidupan nyata, aktor yang akrab disapa “Nick” tersebut juga pernah punya tunggangan istimewa, yakni Ferarri 599 GTB.

Bedanya, mobil ini bukan barang curian, seperti mobil lainnya yang ia dapatkan dalam film arahan sutradara Dominic Sena itu.

Ferrari 599 GTB punya sistem transmisi 6-percepatan manual. Konfigurasi yang jarang didapati pada mobil-mobil Ferrari. Belum lagi populasinya yang diprediksi tak lebih dari dua puluh unit di Amerika. Dua hal yang membuat Ferrari 599 GTB makin bernilai.

Tapi sayangnya, mobil itu telah berpindah tangan dari Nick. Walau menyandang status aktor papan atas, nyatanya Nick harus melego mobil itu karena urusan finansial. Kini mobil tersebut malah berlabel barang lelang dan bisa ditemukan di situs eBay.

Kabar terakhir, Ferrari 599 GTB bekas Nick itu laku terjual US $ 599.120 atau sekitar Rp 8 miliar lebih. Lelang memang telah berakhir tapi siapapun yang mendapatkannya dijamin tak akan menyesal. Karena secara keseluruhan, diler yang melepasnya mengklaim kalau Ferrari 599 GTB berkondisi mulus ini merupakan mobil paling langka yang pernah dijualnya.

599 GTB tak beda dengan Ferrari modern lainnya. Mobil ini punya interior yang luas dan tergolong nyaman. Serat karbon mendominasi bagian dasbor. Sebelum dilepas, mobil ini habis mengalami servis besar di Ferrari Store yang menghabiskan dana sampai US $9.500.

Tapi semua detail tersebut pasti langsung tenggelam kalau dibandingkan dengan performa mesin. Kontrol traksi yang awalnya dibuat untuk mobil F1, bikin Ferrari 599 GTB punya akselerasi lebih mengesankan daripada Enzo.

Untuk catatan, Ferrari 599 GTB digerakkan mesin dari keluarga Tipo F140 C 6.0-litre V12. Dengan daya maksimum 620 PS, mobil ini termasuk ke dalam jajaran road car Ferrari paling bertenaga. Pendahulu Ferrari 575M ini dirancang oleh rumah desain kenamaan, Pininfarina, di bawah pengawasan desainer Frank Stephenson.