Komunitas Police Owner Group (POG) yang berisikan para pemiliki moge Harley-Davidson tipe Police gelar national rally pertamanya yang berlangsung pada 9 – 12 Agustus 2017. Mengambil rute Jakarta – Bali, touring akbar ini diikuti oleh lima puluh sembilan motor.

Dari total motor ada sebanyak 29 motor mulai perjalanan sejak awal, 7 biker baru mengikuti dari Solo, Jawa Tengah dan 16 motor dari Malang, Jawa Timur. Rute yang dilalui di antaranya jalur Daendels yang terkenal, Tawangmangu, Blitar, Bromo, Situbondo, Ketapang, Gilimanuk dan Pandawa, Bali.

Rombongan pun sempat mampir untuk rehat di beberapa daerah, yaitu di Solo, Malang, dan terakhir acara puncak di Bali.

Di daerah-daerah tersebutlah POG menyalurkan bantuan ke pihak yang membutuhkan. Sasarannya telah disurvei beberapa waktu sebelum keberangkatan touring.

Police Ownew Group

“Kami ingin bantuan yang diberikan memang sesuai dengan yang diperlukan masyarakat,” jelas Daeng Ilkham, Sekretaris Jenderal POG. “Kami telah melakukan survei dan mendapati bahwa salah satu yang diperlukan adalah sumber air bersih di Blitar,” sambungnya.

Untuk itu, POG mempersiapkan beberapa sumur bor dan fasilitas umum lainnya di berbagai Musholla di area Blitar. Beberapa di antaranya adalah di Musholla Al Hikmah, Madrasah Tahfidul Qur’an Al Hikmah, Musholla Al Kautsar, dan Musholla Al Yasir. Semuanya bertempat di Kelurahan Sentul, Blitar.

Pengerjaan dimulai usai robongan berziarah ke makam Proklamator Indonesia, Soekarno, di Blitar, sekaligus dalam rangka bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, para biker pun menuju lokasi bakti sosial. Para biker ini berkumpul dengan masyarakat setempat untuk melakukan doa bersama. Biker POG terlihat antusias dalam seremoni bakti sosial yang dilakukan pada Kamis, 10 Agustus 2017.

POG berencana akan melakukan beberapa kali touring dalam satu tahun. Dalam setiap touringnya, POG pun akan terus melakukan bakti sosial yang disesuaikan dengan keperluan daerah yang akan dilewati.

Police Ownew Group

Sungguh semangat yang patut dijaga. Dan meskipun baru berdiri pada akhir tahun 2016, anggota POG kini tercatat telah melebihi angka 200 orang.