Mengutip dari halaman sosial media Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jakarta bakal jadi tuan rumah kompetisi Formula E tahun depan. Hal ini dikemukakan secara jelas oleh Anies selepas pertemuannya dengan para founder dan petinggi balap formula listrik tersebut di New York, Sabtu (13/7) lalu.

“Alhamdulillah, berhasil!!,” seru Anies di keterangan fotonya. Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan bahwa Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, Anies langsung terbang ke New York untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E.

Dalam pertemuan ini, Anies bernegosiasi dengan Alejandro Agag – CEO Formula E, Alberto Longo – Co Founder dan CCO Formual E serta beberapa petinggi balap mobil listrik open wheeler tersebut. Hasil dari pertemuan ini adalah mereka (penyelenggara Formula E) sepakat akan menggelar salah satu seri Formula E tahun depan di Jakarta.

Jakarta terpilih menjadi salah satu kota penyelenggara Formula E setelah tanggal 8 dan 9 Juli lalu mereka para pengelola balap mobil listrik ini datang untuk melihat langsung jalanan yang akan digunakan sebagai lokasi lintasan di ibukota negara ini. Mereka telah menguji kelayakan kawasan di DKI Jakarta yang akan digunakan sebagai lintasan balap Formula E.

Formula E sendiri adalah kompetisi balap mobil jet darat bertenaga listrik yang digelar di sirkuit jalan raya. Balapan ini semakin populer setelah era kendaraan bertenaga listrik secara perlahan mulai masuk ke dunia menggantikan era kendaraan bermotor demi terciptanya sebuah efisiensi dan lingkungan yang lebih sehat.