Dakar Rally menjadi balap pembuka di tahun 2018 ini. Balapan reli terpanjang yang ada di dunia ini akan digelar selama dua minggu penuh mulai 6-20 Januari mendatang. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa kendaraan ikut serta didalam reli lintas negara ini, diantaranya mobil, sepeda motor, UTV, buggy dan truk.

Ini adalah reli Dakar yang ke-40 sejak pertama kali diselenggarakan pada 1979 silam yang mengambil rute Paris-Dakar. Tahun ini 40th Dakar Rally 2018 dijadwalkan akan menempuh jarak sepanjang hampir 9.000 km dan melintasi tiga negara, Peru, Bolivia dan Argentina.

Sejumlah peserta tercatat mengikuti kompetisi reli yang dikenal paling ganas ini. Diantaranya 167 peserta sepeda motor, 24 peserta UTV, 110 peserta mobil, 11 peserta Buggy dan 45 peserta truk.

Beberapa diantaranya adalah peserta kawakan yang telah lama berkecimpung di 40th Dakar Rally 2018, seperti Stephane Peterhansel, Nasser Al-Attiyah, Nani Roma, Cyril Despres dan juga diikuti oleh para mantan-mantan juara WRC seperti Sebastian Loeb, Carlos Sainz dan Mikko Hirvonen.

Sejumlah pabrikan pun turut ikut ambil bagian dalam momentum 40th Dakar Rally 2018 ini. Seperti MINI yang menggandeng tim X-Raid Rally, Peugeot Sport, Toyota dan Renault. Sementara dikelas sepeda motor, pabrikan langganan seperti KTM Racing, Honda, Gasgas dan Husqvarna masih ambil bagian di reli awal tahun ini.

Kompetisi reli yang diklaim paling mematikan ini akan dibagi menjadi 14 etape hingga 20 Januari 2018 mendatang. Simak keseruannya  di Thegaspol.com di tiap etapenya.