Chevrolet Chaparral 2X Vision Gran Turismo Concept

Serentak dengan dibukanya Los Angeles Motor Show 2014, Chevrolet mengenalkan sebuah mobil balap konsep bernama Chaparral 2X VGT yang sekaligus juga ditujukan bagi proyek Vision Gran Turismo.

Chaparral sendiri adalah nama yang sudah tidak asing. Namanya pertama kali muncul di 1962 dipacu Jim Hall dan Hap Sharp untuk ajang balap dunia. Melejit ke permukaan berkat aplikasi inovasi teknologi penerbangan pada mobil balap mereka. Chevrolet kemudian terlibat di dalamnya setelah mesin blok mini V8 327 terpilih untuk mensuplai tenaga ke Chaparral 2.

Namun berbeda dengan leluhurnya, Chaparral 2X VGT tampil secara liar dan futuristik. “Jim Hall dan Chaparall mencampurkan seni balap dengan ilmu pengetahuan dalam cara yang tak terduga. Menginspirasi generasi baru untuk bereksperimen dengan aerodinamika dan material yang tak biasa,” ujar Mark Reuss, GM executive vice president, Global Product Development, Purchasing and Supply Chain, dikutip dari rilis resminya.

Maka jangan heran bila mobil balap ini sanggup memproduksi kekuatan sebesaar 900 dk dengan cara yang unik. Sistem pendorong sinar lasernya menciptakan tembakan cahaya yang menggerakkan turbin. Lasernya sendiri diproduksi oleh kompartemen baterai lithium-ion berkapasitas tinggi yang mendapatkan energy dari generator bertenaga udara.

Menurut hitung-hitungan pabrikan, konsep virtual ini sanggup mencapai 0 – 60 mph dalam 1.5 detik dan mencapai kecepatan maksimal sebesar 386 km/jam.  Sejumlah besar tambahan aerodinamis menjaga kestabilan empat roda supaya tetap melekat pada aspal. Terima kasih kepada desain mobil balap Chaparral yang sempat berlaga di tahun 1960 dan 1970.

Bagi mereka yang penasaran dapat segera mencicipi performanya di dalam video game Gran Turismo 6.