Studio brand dan desain otomotif asal Jakarta, Katalis Company berkolaborasi dengan galeri otomotif asal Perancis, TheArsenale dan menghasilkan motor listrik yang berdesain vintage. Motor bertajuk Katalis EV.1000 TheArsenale special edition ini adalah turunan dari seri pertama, yaitu Katalis EV.500 yang dirilis pada bulan April lalu.

Nantinya, motor listrik karya anak bangsa ini akan tampil di galeri TheArsenale – City of Dreams, Makau pada 25 September mendatang. Menurut CEO The Arsenale, Patrice Meignan, galeri tersebut tdak sembarangan memajang kendaraan-kendaraan yang hanya dianggap koleksi, melainkan harus punya nilai fantastis tersendiri misal edisi terbatas atau bahkan hanya ada satu-satunya di dunia.

Patrice menyebutkan, bahwa kolaborasi ini merupakan yang paling mengesankan bagi galerinya tersebut. “Kami berterima kasih atas kerja keras Katalis dalam mewujudkan motor ini hingga siap untuk dikirimkan ke Makau,” jelas Patrice.

Katalis EV.1000 ini merupakan unit satu-satunya di dunia untuk kolaborasi bersama TheArsenale. Awalnya Katalis Company ingin memajang EV.500 di City of Dreams, namun atas diskusi panjang kedua belah pihak, maka Katalis Company dan TheArsenale sepakat untuk membuat model baru Katalis EV.1000 yang dikhususkan untuk dipamerkan di galeri Makau.

Soal desain, memang tak jauh berbeda dengan EV.500, hanya livery dan warna yang menjadi ciri telak perbedaaanya. “Dominan warna hitam matte (doff) yang dibalut dengan ornamen strip berwarna oranye menjadi ciri khas dari Katalis EV.1000. Warna tersebut diambil dari brand guidelines TheArsenale, yang tentunya menjadi acuan kami dalam mendesain visual dari Katalis EV.1000,” jelas Principal Designer Katalis, Julian Palapa.

Julian juga menjelaskan, EV.1000 penggerak tenaga motor listrik dengan kapasitas 1000 watt yang didukung dengan baterai berkapasitas 48V 45Ah. Motor ini juga didukungan dengan controller berdaya 48-72 Volt. “Intinya, motor ini bisa dipacu hingga 70-80 kilometer per jam, dengan jarak tempuh sekitar 90 kilometer sekali pengisian baterai,” ucap Julian.