Meski kini banyak produk pesaing, namun Toyota Avanza belum kehilangan daya tariknya di mata konsumen. Terbukti dari penjualannya yang gemilang.

Di tahun 2017 Avanza masih memimpin di segmen low multi purpose vehicle (MPV) dengan market share lebih dari 42 persen. Serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan Toyota di segmen tersebut secara keseluruhan, yaitu sebesar 44,4 persen.

Dengan begitu Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz punya kontribusi besar mempertahankan posisi Toyota sebagai pemimpin pasar.

“Kami bersyukur Avanza dan Veloz masih menjadi pilihan utama di usianya yang memasuki tahun ke-14 dan telah menemani aktivitas hampir 1,6 juta masyarakat Indonesia. Ini menunjukkan yang memang menyesuaikan karakter dan kebutuhan konsumen Tanah Air,” terang Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Sabtu (22/7).

Avanza kali pertama diperkenalkan pada 2003 dengan desain yang disesuaikan geografis dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal itu diwujudkan dalam bentuk daya angkut tujuh penumpang, ruang kargo memadai, mesin mumpuni, dan fitur keselamatan cukup lengkap.

Avanza pun kini masih menganut sistem gerak roda belakang yang terbukti menguntungkan untung membawa beban berat.