Gotong royong merupakan salah satu budaya yang ada di Indonesia dan salah satu bentuk pengamalan dari Pancasila. Bencana gempa Cianjur membuat banyak kelompok masyarakat bahu membahu meringankan beban para korban.

Seperti yang dilakukan Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia. Dibawah kendali El Presidente, Jhoni Be Good langsung menerjunkan Brotherhood for Humanity guna malakukan tanggap darurat.

El Presidente Jhoni membagikan sebanyak 5.000 paket sembako, bersama dengan Tim Siapsiaga Bencana BBMC Indonesia atau biasa dikenal Brotherhood for Humanity.

Head of Brotherhood for Humanity, Nuryahya alias Abah Aji menjelaskan bahwa 15 relawan pertama dari Brotherhood for Humanity telah bertolak ke Cianjur mulai (21/11), untuk memberikan respon awal di bidang medis dan pangan, serta memetakan kebutuhan masyarakat ke depannya.

 

Tim Brotherhood for Humanity turut diberangkatkan menuju lokasi gempa yang berada di Cianjur menggunakan mobil ambulans dan kendaraan ekspedisi seperti Land Rover Defender. “Tiga hari lalu, 15 orang pertama diterjunkan untuk membantu korban gempa yang luka ringan dan berat, termasuk mengevakuasi masyarakat yang harus kehilangan nyawanya,” kata Abah Aji.

Brotherhood for Humanity memberikan bantuan di empat titik lokasi yang terdampak gempa. Pertama adalah Gunung Lanjung, lalu Pesona Cianjur Indah, Desa Bojong Asih dan Pesantren AlIkhlas. Abah Aji menambahkan bahwa keluarga besar BBMC Indonesia sangat peduli terhadap saudara – saudara kita yang terkena musibah gempa di Cianjur yang begitu mendadak.

“Maka dari itu kami berinisiatif bersama rekan-rekan untuk mengumpulkan donasi. Alhamdulillah bisa terkumpul sampai 5,000 paket lebih. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak akan bencana,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada rekan-rekan Bikers Brotherhood MC Indonesia, semoga amal soleh yang telah diberikan dapat menjadi jadi amal buat seluruh anggota keluarga besar BBMC Indonesia, dan semangat persaudaraan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Sementara itu, Koordinator Brotherhood For Humanity Muhamad Yudha Oktariza menjelaskan bahwa tim Brotherhoof for Humanity yang terjun hingga saat ini berjumlah 200 orang.

“Rekan-rekan tim siap siaga bencana berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh gempa Cianjur. Semoga semangat kami dapat membangkitkan spirit dari masyarakat untuk bangkit dari kondisi ini,” tutup Yudha.