Generasi terbaru sport car asal Stuttgart telah diluncurkan. Generasi keempat dari pengembangan mid-engine sport coupé yang kini hadir dengan tampilan lebih eye-catching, atletis dan efisien. Hanya beberapa minggu setelah debut 718 Boxster terbaru di akhir April ini, 718 Cayman juga menyusul dengan seri model terbarunya.

Flat engine empat silinder dengan turbocharging terbaru yang diusung 718 Cayman, sama seperti mesin yang digunakan 718 Boxster. Sebagai hasilnya, coupé dan roadster memiliki output mesin yang identik untuk pertama kalinya. Versi entry level dimulai dengan tenaga sebesar 300 Hp dari kapasitas mesin 2.0-liter. Model S yang dihadirkan juga mampu menghasilkan tenaga sebesar 350 hp berkat kemampuan mesin 2.5-liter. Unit baru yang dihadirkan, nyatanya mampu menambah power 718 Cayman sebesar 25 HP jika dibandingkan dengan model pendahulunya dengan konsumsi bahan bakar NEDC sebanyak 8,1 hingga 5,7 liter per 100 km.

Torsi yang sangat besar dari mesin terbaru 718 Cayman menjanjikan kenyamanan berkendara dan kelincahan bahkan pada putaran rendah. Mesin 2.0-liter pada 718 Cayman mampu mencapai torsi puncak hingga 380 Nm yang tersedia antara 1.950 rpm dan 4.500 rpm putaran mesin. Mesin 2.5-liter pada 718 Cayman S memiliki turbocharger dengan variable turbine geometry (VTG), teknologi terkini digunakan secara eksklusif pada 911 Turbo. Di dalam 718 Cayman S, pengisi daya VTG memiliki alat pembuangan tambahan untuk pertama kalinya. Ini yang mampu meningkatkan torsi hingga 420 Nm (bertambah 50 Nm) ke crankshaft pada kecepatan putaran mesin antara 1.900 dan 4.500 rpm. Untuk pengemudi, ini torsi yang terbaik didapatkan pada semua tingkat kecepatan mesin. 718 Cayman dengan PDK dan Sport Chrono Package sebagai opsi tambahan mampu bergerak dari 0-100 km/ jam dalam 4,7 detik. Sedangkan, 718 Cayman S mampu melakukannya dalam 4,2 detik. Kecepatan tertinggi 718 Cayman adalah 275 km/ jam, dan 718 Cayman S mampu mencapai kecepatan hingga 285 km/ jam.

Dalam hal dinamika berkendara, model terbaru 718 Cayman mengikuti gaya 718 klasik. Berkat kelincahan yang luar biasa, mobil sport bersejarah dengan mid-engine ini mampu memenangkan banyak balapan pada tahun 1950 dan 1960 seperti Targa Florio dan Le Mans.

Ketangguhan dan wheel tracking telah diperbaiki sepenuhnya dengan chassis yang telah disesuaikan pada 718 Cayman; suspensi dan stabilizer didesain lebih kokoh dan shock absorber telah dipebarui. Kemudi juga telah dikonfigurasi menjadi 10 persen lebih responsif, hal ini meningkatkan kelincahan dan pengalaman berkendara. Roda belakang dengan ukuran satu setengah inci lebih lebar dikombinasikan dengan ban yang telah dikembangkan ulang meningkatkan potensi tenaga dan stabilitas yang lebih besar saat menikung.

Pilihan dinamis berkendara seperti Sport Chrono Package dan Porsche Torque Vectoring (PTV) memungkinkan karakter piihan 718 Cayman yang lebih sporty. Pilihan lain yang tersedia adalah PASM yang dapat merendahkan ketinggian kendaraan sebanyak 10 mm dan tambahan suspensi sport PASM yang dapat merendahkan ketinggian kendaraan sebanyak 20 mm untuk pertama kalinya. Seperti pada sports car Porsche lainnya, Sport Chrono Package dapat disesuaikan dengan program switch pada kemudi yang telah melengkapi pengaturan sebelumnya yaitu “Normal”, “Sport” dan “Sport Plus”.

Pada kemampuan performa kendaraan yang lebih besar, sistem rem yang lebih kuat kini menggunakan 330-mm brake disc di bagian depan dan 299-mm disc di bagian belakang. 718 Cayman kini memiliki sistem rem yang sebelumnya digunakan pada Cayman S. 718 Cayman S, di sisi lain, menggunakan kaliper empat piston dari 911 Carrera yang dikombinasikan dengan brake disc yang lebih tebal 6 mm.

Beralih ke bagian desain, 718 Cayman terbaru telah dikembangkan secara komprehensif sama seperti pada teknologinya. Proporsi dari kekokohan, air intake yang menonjol dan bagian sisi yang rendah menekankan kedinamisan. Bagian hidung mobil memiliki bentuk lebih tajam, memberikan kesan ujung depan yang lebih luas dan penampilan yang lebih maskulin. Lampu depan ultra slim di atas air intake, terdiri dari lampu parkir dan indikator, lebih memperkuat kesan ini. Pembulatan pada ujung depan 718 Cayman merupakan pendingin air intake yang secara signifikan lebih besar dan desain terbaru lampu bi-xenon dengan LED daytime running lights. Lampu LED dengan empat titik lampu siang tersedia sebagai opsi terbaru. Terlihat dari samping, sport coupé terbaru memperlihatkan bentuk wings dan side sills yang mencolok. Bagian belakang yang didesain ulang memiliki tampilan lebih luas karena aksen strip dengan cat hitam high-gloss terintegrasi dengan emblem Porsche diantara lampu belakang. Lampu belakang sepenuhnya didesain ulang menggunakan teknologi tiga dimensi dan empat spot rem yang terlihat seperti mengambang.

Sementara itu, kita perlu juga membahas sisi interior. Di interior, perubahan dapat terlihat untuk 718 Cayman dan 718 Boxster. Bagian atas panel dasbor termasuk ventilasi udara merupakan interior baru. Kemudi sport terbaru pada desain 918 Spyder serta opsi konektivitas yang luas kini ditambahkan pada kokpit 718 bersama dengan Porsche Communication Management (PCM) sebagai fitur standar. Persiapan perangkat ponsel, audio interfaces dan 150-watt Sound Package Plus merupakan bagian dari standar. Opsi tersedia untuk memperluas kegunaan PCM. Modul Connect, sudah termasuk ekstensi khusus untuk smartphone, sepert USB port, Apple CarPlay dan Porsche Car Connect. Pengemudi juga dapat menggunakan layanan tambahan melalui smartphone, seperti Porsche Connect App dan Porsche Car Connect App.