Di pasaran ada banyak produk chemical multi purpose lubricant yang punya fungsi untuk membersihkan, melumasi, memproteksi mesin dan peralatan yang terbuat dari metal. Perannya sangat dibutuhkan agar membuat mesin dan peralatan menjadi lebih awet dan berjalan sesuai fungsinya.

Namun hati-hati, memilih produk multi purpose lubricant jangan yang asal-asalan. Sebab jika mendapatkan produk dengan mutu jelek, bukannya melumasi malah berpotensi menambah korosi akibat kandungan air dan gram-gram yang semakin menempel.

Alfons Sunarjadi, Marketing Manager PT Altama Surya Anugerah selaku produsen Rexco menyebutkan, memilih produk multi purpose lubricant jangan asal yang mahal. Karena yang mahal belum tentu bagus.

Lantas bagaimana cara mengetahui produk pelumas kalengan tersebut bermutu baik atau tidak? Lebih lanjut Alfons menjelaskan, untuk mengujinya semprotkan produk tersebut ke dalam sebuah gelas transparan setinggi 1 cm, lalu masukan air setinggi 6-7 cm. Posisi chemical lubricants harus berada di atas air.

“Aduklah hingga tercampur, diamkan dan aduk kembali dengan melakukannya sebanyak 2-3 kali. Lalu lihat hasilnya, bila chemical-nya terpisah dari air dengan cepat artinya produk bagus. Dan sebaliknya kalau cairan kimianya lama terpisah dari air. Artinya produk tersebut tidak bisa dipakai untuk melindungi mesin atau peralatan Anda dari karat,” tutur Alfons.

Sudah menjadi ketentuan umum, yang namanya pelumas atau lubricant ini punya lima fungsi, yaitu antikarat, pelumas, pembersih, penghilang kelembaban, dan penetrasi. Dari kelima fungsi tersebut, kita bisa menggunakan produk tersebut untuk banyak hal dalam membantu, merawat mesin, dan peralatan kerja.