Adu cepat motor-motor racikan setiap tim memanglah menu utama dalam kompetisi MotoGP. Maka, tak heran jika aspek teknis menjadi sorotan utama. Meski demikian, ada hal lain yang dipersiapkan oleh para pembalap secara serius.

Dan hal-hal tersebut berkaitan dengan kesiapan fisik serta mental. Dalam sebuah wawancara, juara dua kali MotoGP (2013 – 2014) Marc Marquez membagi kiatnya untuk menjaga performa di atas motor.

Berani Berkorban

Mengorbankan hal-hal yang disuka sangat penting untuk mencapai tujuan. Kebiasaan memakan hidangan favorit atau waktu berkumpul dengan keluarga bisa jadi sirna seandainya menjadi seorang profesional.

“Saya berlatih dengan keras sehari-hari, mengorbankan akhir pekan saya,” kata Marc. “Tetapi tahap demi tahap Anda mencapai tujuan,” sambungnya.

Pergi ke Pusat Kebugaran

Latihan yang umumnya dilakukan Marc saat mengunjungi pusat kebugaran meliputi latihan kekuatan, ketahanan, dan kelenturan. Kombinasi semuanya diklaim bisa meningkatkan performa fisiknya.

Variasi Olahraga

Bahkan bagi seorang profesional, rutinitas mengunjungi pusat kebugaran bisa jadi hal yang sangat membosakan. Solusi Marc adalah melakukan cross training sebagai suplemen latihan kebugaran yang dijalaninya. Contohnya, seperti bersepda atau motorcross.

Beristirahat

Disiplin merupakan kunci utamanya. Termasuk untuk urusan beristirahat.

Menjaga Asupan Makanan

Semua atlit top bisa dipastikan punya nutrion plan yang dipegang teguh. Fokus Marc Marquez adalah apa yang dirinya konsumsi merupakan aspek dalam kehidupannya yang memengaruhi penampilan fisik secara menyeluruh.

Tekad Bangkit dari Cidera

Cidera merupakan resiko besar bagi setiap pembalap MotoGP. Marc berprinsip, seandainya cidera menerap, dirinya akan melalukan apa saja untuk mengembalikan kondisi secepat mungkin.