Meski belum resmi diluncurkan, namun Multi-Purpose Vehicle (MPV) seven seater nasional milik PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mulai dipasarkan oleh para wiraniaganya di masing-masing dealer.

Terbukti dari ditayangkannya iklan yang menampilkan penjualan MPV tujuh penumpang yang merupakan bagian dari proyek kendaraan ramah lingkungan, Low Cost Green Car (LCGC) di dunia maya. Salah seorang wiraniaga yang memasang iklan tersebut di internet menggunakan alamat situs calyatoyota.com.

Banderol MPV berkapasitas mesin 1.200 cc dengan varian E dan G tersebut juga ikut dipaparkan, meski ada keterangan harga bersifat perkiraan. Tak sampai disitu, estimasi pembelian dengan cara kredit pun juga ditampilkan melalui sebuah tabel.

Pihak TAM sendiri hingga kini secara resmi belum menyebutkan nama apa yang dipakai untuk MPV tujuh penumpang berbasis Toyota Agya tersebut. Namun seorang wiraniaga Toyota tersebut menyebutnya dengan Toyota Calya.

Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor menyebutkan sejauh ini pihaknya baru hanya melakulan delivery unit ke 288 dealernya di seluruh Indonesia.

“Belajar dari pengalaman yang sudah ada, konsumen enggan menunggu lama untuk memiliki mobil setelah peluncuran. Oleh karenanya, sebelum peluncuran resmi Toyota memastikan untuk masing-masing dealer telah memiliki unitnya untuk masing-masing konsumen,” ujarnya saat ditemui di tempat kerjanya.

Kendati telah ‘mengamankan’ distribusi unitnya ke seluruh daerah, tetapi TAM masih bungkam soal tanggal peluncuran resminya. Namun dari beberapa desas desus yang Thegaspol.com dapatkan, peluncurannya akan berlangsung saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show pada 11-21 Agustus mendatang di ICE BSD.