Terus bertambahnya jumlah mobil yang beredar membuat bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro optimis menjalankan bisnisnya. Pelebaran jangkauan layanan pun dilakukan dengan membuka cabang baru di Bekasi, Jawa Barat pada, Jumat (8/2).

“Dengan sistem manajemen kita yang baru, kita punya visi yang baru dengan pengembangan sayap Rotary Bintaro semakin luas lagi. Target kita sih satu tahun (membuka) satu cabang,” ucap Ferry Jensen, pemilik Rotary Bintaro di sela-sela pembukaan Rotary Bintaro cabang Bekasi siang tadi.

Bengkel itu sendiri tepatnya berlokasi di komplek Automotive Exhibition Center (AXC) seberang pusat perbelanjaan Mal Summarecon Bekasi.

Seiring peresmian tersebut, Rotary Bintaro memperkenalkan inovasi layanan perawatan AC mobil dengan teknologi mesin flushing dan cooling. Kelebihan utama kedua mesin tersebut adalah waktu pengerjaan jauh lebih singkat. Proses pengerjaan pun bisa dilakukan tanpa membongkar dasbor.

Cooling machine itu untuk membersihkan evaporator tanpa bongkar. Sedangkan flushing machine gunanya untuk membersihkan sistem AC, tanpa bongkar juga,” sambung Ferry.

Masih kata Ferry, kegunaan lain dari cooling machine bisa mentralkan bau yang ada di dalam kabin mobil. Sedangkan, flushing machine sangat berguna ketika AC perlu diganti olinya.

Tanpa menggunakan flushing machine, penggantian oli AC bisa memakan waktu berjam-jam, bahkan hingga seharian apabila mobilnya cukup rumit. Ferry mengklaim mesin yang dipakainya hanya butuh waktu 40 menit untuk melakukannya.

“Pada total waktu 40 menit nanti oli lamanya sudah terbuang dan oli barunya masuk. Semuanya sudah menggunakan sistem, kita tinggal menunggu, tidak ada yang harus dibongkar,” jelas Ferry.

Untuk prosesnya, flushing mesin disambungkan ke valve (pentil) pengisian AC. “Kan ada pentil tekanan low dan tekanan high di bagian ruang mesin. Dari alat flushing mechine kita nanti akan masuk selang warna biru itu masuk low pressure dan selang merah masuk ke high pressure,” ucap Ferry.

Prosesnya berjalan dimulai recovery freon terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan proses flushing sampai oli lama di sistem bersih. Setelahnya, barulah oli baru dimasukkan.