The Distingushed Gentleman’s Ride (DGR) 2018 serempak dihelat di seluruh dunia pada 30 Semptember kemarin. Kota Bandung, Jawa Barat menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan kampanye global yang ajak para antusias roda dua untuk lebih peduli terhadap kanker prostat ini.

Jalannya DGR 2018 di Bandung dimulai dengan kegiatan riding bareng pada Minggu pagi dengan melibatkan sekitar 4.000 bikers. Pesertanya bukan hanya datang dari Bandung dan sekitarnya, melainkan ada pula yang berasal dari Jakarta. Dimotori Unionville by Unionwell , penyelenggaraan DGR Bandung terpusat di lokasi yang asri Pine Hills, Bandung.

Terlihat sejumah brand otomotif juga ikut ambil bagian dalam DGR 2018 di Badung. Salah satunya Shell Lubricants yang menggelar program untuk bantu mengumpulkan donasi.

Para pengunjung juga diajak untuk beramal melalui pembelian merchandise spesial yang merupakan kolaborasi antara Shell Advance dengan Unionwell yang hasil penjualannya akan didonasikan. Shell Advance juga menggelar aktifitas “Race for a Cause”, dimana pengunjung yang membeli produk Shell Advance jenis apapun secara otomatis berkesempatan untuk berdonasi sebesar Rp5.000,-.

Hasil donasi disalurkan melalui Unionwell yang nampaknya sudah menjalin kerja sama dengan Kitabisa.com dan Rumah Valencia Care Foundation. Bukan hanya untuk kanker prostat, namun donasi disalurkan untuk permasalahan sosial yang lebih luas, misalnya gempa Lombok dan anak-anak yang mendera penyakit kronis.

“Sejalan dengan kampanye ’Shell Untuk Indonesia’, kegiatan amal dan kepedulian sosial ini merupakan bentuk komitmen Shell untuk bersama-sama membangun negeri. Kami berharap melalui kegiatan ini, kami dapat turut membangkitkan rasa empati dan kepedulian pengendara motor terhadap masyarakat lain yang membutuhkan,” ungkap Andreas Pradhana, Director of Marketing, Shell Lubricants Indonesia.

Mengenai DGR itu sendiri merupakan sebuah gerakan amal global dari komunitas pengendara motor untuk mendukung riset penanggulangan kanker prostat dan kesehatan mental pria yang dilakukan oleh mitra resmi Distinguished Gentleman’s Ride, Movember Foundation.

Penanggulangan kanker prostat sangat penting karena menurut data World Health Organization (WHO) kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307 ribu kasus kematian pada 2012.