Mercedes-Benz pertama kali diresmikan pada 1926 silam saat Karl Benz dan Gottlieb Daimler bersepaham untuk berkecimpung secara resmi pada industri otomotif. Berkedudukan di Stuttgart, Jerman, saat itu keduanya sepakat menggunakan nama Daimler-Benz sebagai merek kendaraan produksi perdana mereka.

Sepanjang perjalanannya, sebagai salah satu pabrikan yang sudah berkecimpung selama 90 tahun di dunia, Mercedes-Benz tentu banyak melahirkan inovasi-inovasi baru untuk para penggemarnya. Berikut beberapa fakta menarik yang (mungkin) Anda belum tahu soal inovasi yang pernah dilakukan pabrikan dengan slogan ‘The Best or Nothing’ tersebut.

mb-260d-w138Mercedes-Benz merupakan pabrikan pertama yang mempelopori penggunaan mesin diesel untuk kendaraan penumpang pada 1936 silam. Model perdana ini adalah Mercedes-Benz 260 D berkode sasis W 138 yang menggunakan mesin 4-silinder, 2.545 cc over-head valve berseri OM 138.

mb-ml-430-popemobile

Sejak 2002, Mercedes-Benz telah menjadi produsen special vehicle bagi Popemobile atau mobil dinas kenegaraan Paus Gereja Katholik Roma di Vatikan melalui model M-Class. Ruang kaca di bagian belakang yang menjadi tempat duduk (saat itu) Paus Santo Yohanes Paulus II menggunakan kursi berpenggerak hidraulik yang memudahkan akses naik dan turun bagi Paus.

Selain itu, kaca yang mengelilingi bagian belakang tersebut sepenuhnya terbuat dari bahan plexiglass antipeluru dan tahan terhadap ledakan. 2013 lalu, saat Paus Fransiskus mulai menjabat sebagai Uskup Agung di Vatikan, Mercedes-Benz meremajakan kendaraan dinas tersebut dengan ML 430 terbaru bermesin V8 4.266 cc. Kursi utama di bagian belakang tempat singgasana Paus.

mb-m100-v8-6-3-6-9

Setiap mesin M100 V8 berkapasitas 6,3 liter dan 6,9 liter Mercedes-Benz merupakan murni rakitan tangan tanpa sentuhan alat manufaktur pabrikan sekalipun. Untuk menunjang performa dan daya tahannya, mesin Mercedes-Benz tersebut harus melewati pengujian selama empat jam, empat puluh menit dengan bukaan throttle maksimal diatas mesin dynotest.

mb-300sl-gullwing

Mercedes-Benz 300 SL ‘Gullwing’ merupakan salah satu mobil berbasis GT Car yang pernah diproduksi pabrikan berlambang bintang tersebut. Dengan pintu yang membuka keatas dan bagian lisplang yang tinggi, Mercedes-Benz menyematkan sistem lingkar kemudi yang bisa naik dan turun secara manual untuk memudahkan akses pengemudi ke dalam kabin.

mb-w140-s-class

Mercedes-Benz W 140 S-Class menjadi sedan penumpang pertama yang memiliki fitur kaca lapis ganda sebagai bentuk perlindungan keamanan bagi penumpangnya. Selain itu, fitur pemanas kabinnya mampu diaktifkan saat mesin mobil dalam keadaan mati sekalipun. Sungguh berguna bagi konsumen Mercedes-Benz yang berdomisili di negara dengan iklim dingin.

mb-gelandewagen-slr

Mercedes-Benz pernah membuat Gelandewagen atau G-Class dengan mesin donor dari McLaren SLR bertenaga 720 dk. Sayangnya Mercedes-Benz hanya memproduksi mobil tersebut satu unit saja, sesuai permintaan seorang konsumen kaya raya di Dubai. Berakselerasi hingga 100 Km/jam dari diam? Hanya perlu 4 detik bagi G-Class ini.

mb-450-slc-5-0-c107

Era 1970 hingga 1980-an merupakan tahun keemasan bagi balap reli di seluruh dunia. Saat itu tim pabrikan Mercedes-Benz turut serta dengan varian 450 SLC 5.0 berkode sasis C107. Untuk pertama kalinya, transmisi otomatik 3-percepatan diaplikasikan pada kompetisi reli. Beruntungnya, hingga balap usai, tak satupun kendala terdapat pada girboks.

mb-w124-500e

Varian tertinggi dari Mercedes-Benz W 124 adalah seri 500 E atau E 500 setelah mengalami facelift. Mobil ini merupakan rakitan tangan dari para teknisi Porsche di Jerman dan membutuhkan waktu selama 18 hari untuk memproduksi setiap unitnya.