Setiap umat muslim wajib menjalankan puasa Ramadhan 1 bulan lamanya. Meski demikian, jangan jadikan berpuasa menjadi alasan yang dapat menghalangi aktifitas sehari – hari sekaligus menyelesaikan tumpukan pekerjaan setiap hari. Oleh sebab itu, kita perlu cermat mengatur pola hidup dengan baik agar tetap fit dalam menjalani kegiatan harian meskipun sedang berpuasa.

Meski banyak faktor yang dapat menghambat jalannya ibadah puasa, kali ini TheGaspol ingin memberikan tips yang dapat menjaga puasa Anda tetap aman dan lancar. Terutama untuk Anda yang menghabiskan sebagian waktunya di jalan.

  1. Jaga Asupan Cairan Saat Sahur

Saat bangun sahur, Anda perlu memaksimalkan asupan cairan untuk menjaga daya tahan tubuh selama menjalani puasa. “Air putih yang masuk kedalam tubuh berfungsi untuk melancarkan pencernaan serta membuang hasil sisa zat metabolisme dan tentu produksi air liur,” ujar ahli gizi Dr Amalia Zenia.

Oleh sebab itu, usahakan minum air putih sedikitnya 3 gelas saat sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap bisa menjaga konsentrasi sampai waktu buka puasa tiba.

  1. Jaga Waktu Tidur

Selama bulan puasa, pola tidur kita akan mengalami perubahan yang drastis. Hal tersebut dikarenakan kewajiban kita untuk menjalani sahur sebelum waktu imsak yang biasanya dimulai pukul 03.00 – 04.30 pagi. Dengan bangun lebih awal, tentu hal ini tidak baik untuk kondisi tubuh karena waktu istirahat akan semakin berkurang.

Untuk mencermati hal tersebut, biasakan tidur lebih awal atau kurangi begadang agar tubuh tetap fresh meski harus bangun lebih awal. Jika biasanya Anda membiasakan tidur pukul 12.00 malam, ada baiknya selama bulan Ramadhan waktu tidur Anda digeser lebih awal menjadi pukul 21.00 atau 22.00. Dengan begitu, waktu istirahat Anda akan tetap terjaga dan Anda dapat tetap menjalani hari dengan kondisi tubuh yang fit.

  1. Gunakan Waktu Istirahat Untuk Tidur

Cara menjaga tubuh tetap fit seharian adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur adalah cara yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh kita. Nah, jika biasanya Anda mendapatkan jatah istirahat makan siang, cobalah manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat dengan tidur. Meskipun tidak mendapatkan waktu yang lama, jika Anda mendapatkan tidur yang berkualitas di siang hari maka tubuh Anda akan kembali fit untuk melanjutkan keseharian Anda.

 

  1. Kurangi Waktu Berkendara

Tidak dapat dipungkiri, selama menjalani puasa tubuh kita akan mudah mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengurangi segala aktifitas berat selama menjalani puasa. Selain itu, pengurangan waktu tempuh Anda berkendara juga akan sangat efektif untuk menjaga kondisi tubuh. Jika pada hari biasa Anda mungkin menghabiskan waktu menghabiskan 2 jam di perjalanan karena aktifitas harian dari kantor kemudian lanjut ke gym lalu coffe shop, saat bulan puasa alangkah baiknya hal tersebut dikurangi, atau membiasakan langsung pulang sehabis menjalani rutinitas di kantor.

 

Dengan menerapkan poin – poin di atas, Anda akan dapat merasakan efeknya langsung pada tubuh Anda. Dan semoga Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan penuh hikmat. Selamat mencoba.