Halaman lokasi pameran Jakarta Auto Show (JAS) 2015 tampak berbeda hari ini karena ada penghuni baru yang datang. Sebuah kendaraan serba guna dengan ukuran dan tampang yang tak wajar, yakni Bear Mr. Moon.

“Merek Bear ini dari Rusia, penggunaan umumnya untuk militer tapi tentunya juga bisa dipakai untuk penggunaan umum,” kata Indra Baruna, Sales Red Box UAE, perusahaan yang membawa masuk mobil tersebut ke Indonesia, Sabtu (31/10) di Jakarta.

Kepada TheGaspol, Indra menceritakan spesifikasi Bear Mr.Moon. Terdapat dua jenis Bear Mr.Moon yang kebetulan keduanya sudah masuk Indonesia. Yaitu varian dengan sistem penggerak 4×4 dan 6×6. Untuk varian yang pertama menggunakan mesin bensin, sementara varian enam rodanya dibekali mesin disel.

Kedua jenis mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi manual lima percepatan. “Tapi kalau yang 4×4 mau dipasang mesin disel, kita bisa penuhi,” kata Indra.

Sejak membuka kantor representatif di Indonesia, Red Box UAE telah membawa masuk Bear Mr. Moon sebanyak dua unit. “Satu unit yang 6×6 itu dikirim ke Kalimantan. Satu unit lagi yang 4×4, ya, ini,” sambung Indra.

Walau masih tergolong pendatang baru di Indonesia, nama Bear Mr. Moon sudah tak asing di telinga bangsawan Timur Tengah. Indra mengaklaim kalau dagangannya ini merupakan mainan para keluarga kerajaan di sana. “Kebanyakan customer mobil ini orang Dubai,” imbuhnya.

Saat disinggung masalah penjualan, Red Box UAE tidak terlalu memusingkannya. “Kami tidak akan memasang target. Pangsar pasar kami mungkin hanya 1 persen. Pendekatan hanya kami lakukan ke calon konsumen premium saja,” kata Indra. Ia melanjutkan, sasarannya adalah pehobi kendaraan off-road namun menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar SUV bahkan jip.

Kehadiran mobil dengan tampang mirip kendaraan luar angkasa, Mars Rover milik NASA tersebut sontak menjadi perhatian pengunjung Jakarta Auto Show (JAS) 2015. Tak sedikit pengunjung yang berfoto dengan mobil Bear Mr. Moon.

Bagi yang penasaran, Red Box UAE memasang banderol Rp4,65 miliar untuk Bear Mr. Moon 4×4 dan Rp5 miliar untuk versi enam roda.