Banyak cara untuk melakukan perawatan mobil kesayangan di rumah. Salah satunya dengan mengaplikasikan produk-produk chemical yang ada di pasaran ke mobil pribadi. Namun perlu diwaspadai, dari banyaknya produk-produk chemical aftermarket yang ada di pasaran, pilihlah produk yang telah tersertifikasi atau teruji penggunaannya agar tidak merusak lapisan permukaan cat.

Salah satu contohnya adalah Water Repellent. Produk chemical yang berfungsi untuk melapisi permukaan cat dan kaca dari sisa air ini termasuk salah satu produk perawatan kendaraan yang mudah digunakan untuk dirumah. Apalagi saat ini masih di musim penghujan, paparan air hujan lama kelamaan bakal mengiritasi lapisan cat dan jamur kaca.

Praktisi Department Head of After Sales Marketing and Development dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Ronald Reagen menyebutkan, aplikasi Water Repellent ini mampu menghadirkan efek daun talas pada permukaan cat kendaraan saat terpapar air hujan. Efek daun talas ini membuat air terlihat seolah-olah tidak menempel pada permukaan cat dan kaca mobil. Dengan begitu potensi permukaan cat dan kaca terinfeksi dari jamur tentu berkurang.

Memilih produk chemical ini juga jangan sembarangan, yang ada bisa-bisa malah menimbulkan jamur pada permukaan cat dan kaca. Pilihlah produk yang benar-benar sudah teruji dan bisa dipertanggung –jawabkan.

Penggunaannya pun terbilang sederhana. pertama-tama, cuci mobil terlebih dulu sampai bersih, sampai tidak ada kotoran yang tertinggal di bodi dan kaca mobil. Setelah kering, siapkan spray Water Repellent dan dua kain microfibre.

Dalam kondisi mobil yang masih lembab, semprotkan cairan Water Repellent pada kain microfibre yang pertama. Lalu usapkan microfibre tersebut ke seluruh bodi mobil. Diamkan sesaat sampai kandungan chemical Water Repellent menempel sempurna. Kemudian lap kering permukaan bodi dan kaca mobil dengan kain microfibre yang kedua.

Untuk sekali pemakaian, hanya perlu sekitar 50 ml saja. Untuk perawatan berkala, disarankan menggunakan produk Water Repellant ini setiap tiga bulan sekali. Mendapatkan produk Water Repellent juga tak sulit, selain biasanya tersedia di gerai-gerai onderdil besar, produk ini juga bisa didapatkan di dealer-dealer resmi terdekat.