Di pameran EICMA (Esposizione Internazionale Motociclo en Accessori) Milan, 6-11 November 2018 lalu, BMW Motorrad merilis sebuah varian baru motor penjelajahnya dari generasi F Series, yakni F 850 GS Adventure. Meski F Series tergolong entry level di segmen dual purpose dari BMW Motorrad, namun F 850 GS punya spesifikasi yang cukup mumpuni untuk dibawa ke berbagai medan.

Sejatinya, BMW F 850 GS adalah motor yang punya kenyamanan, keamanan dan durablitas untuk dibawa jarak jauh. Namun lewat varian Adventure ini, BMW Motorrad ingin F 850 GS juga punya kapabilitas yang serupa untuk dibawa ke medan offroad ringan.

Tak ada yang berbeda dengan spesifikasi teknisnya antara F 850 GS dan F 850 GS Adventure. Perbedaan paling kentara adalah dari segi fitur dan tampilannya saja. Sumber tenaga 853 cc twin parallel engine masih tetap dipertahankan, namun untuk varian Adventure mesin ini punya frame guard atau pelindung dari benturan bawah.

Untuk varian Adventure, kapasitas tanki bensin bertambah menjadi 23 liter, dengan begini BMW Motorrad mengklaim motor ini dapat menempuh jarak sejauh 550 km dengan bahan bakar penuh. Windscreen di bagian depan kini punya fitur pengaturan tinggi rendah untuk disesuaikan dengan tinggi badan pengendara, serta fitur pengaturan jarak gerak tuas rem dan kopling di setang.

Sebagaimana pendahulunya, BMW F 850 GS Adventure punya mode berkendara Rain dan Road. Sementara untuk mode berkendara yang lebih lengkap seperti Dynamic, Enduro dan Enduro Pro ditawarkan sebagai opsi. Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara, fitur Electronic Suspension, Dynamic Traction Control dan Intelligent Emergency Call System menjadi standar bawaan motor yang baru akan dijual ke pasaran tahun depan ini.