BMW akhirnya merilis model terbaru dari varian 3 Series Touring di Jerman untuk pasar global. Secara tampilan maupun fungsi, BMW seri 3 wagon ini punya beberapa ubahan dibanding model sebelumnya.

Secara dimensi, ukurannya melar dalam satuan beberapa mm. Seperti panjang menjadi 4.709 mm atau bertambah 76 mm, lebar ditambah 16 mm menjadi 1.827 dan tinggi 1.470 mm dari 1.462 mm. Hal ini berdampak pada jarak sumbu roda yang merenggang 41 mm menjadi 2.851 mm. Tapak ban pun dilebarkan 43 mm untuk depan dan 21 mm di belakang.

Dengan melarnya dimensi yang dimiliki varian 3 Series Touring sekarang ini, otomatis kapabilitas ruang kabinnya juga semakin menyenangkan untuk mengangkut penumpang maupun barang. Kursi pengemudi dan penumpang depan dibuat lebih lebar untuk menambah kenyamanan, ruang kepala pun  menjadi lebih lapang.

Ruang bagasi dibuat lebih akomodatif dengan konfigurasi pelipatan bangku 40:20:40. BMW memberikan banyak opsi bagi pemiliknya untuk memanfaatkan ruang penyimpanan serta menambah kapasitas angkutnya.

Bila bangku terpasang sempurna seluruhnya, Anda bakal mendapatkan kapasitas sebesar 500 liter, lebih banyak 5 liter dari model sebelumnya. Sementara bila seluruh jok belakang dilipat, Anda bakal punya ruangan sebesar 1.510 liter atau lebih besar 10 liter dari model terdahulu.

Menata barang-barang kecil juga bukan menjadi suatu masalah. Di bagian dalam bagasi, banyak tersedia laci-laci penyimpanan dengan partisi dibawah dek bagasi yang tertutup oleh karpet. Pintu bagasi juga dapat dibuka secara terpisah dan lebh besar 20 mm guna memudahkan akses keluar-masuk barang-barang kecil.

Tampangnya juga mendapatkan sentuhan garis-garis yang lebih tegas dengan gril ikonik yang membesar. Dikabarkan BMW 3 Series Touring ini akan mengaplikasikan fitur penerangan BMW Laserlight dan LED Foglight sebagai opsional. Sisi buritan juga mendapatkan sentuhan baru berupa lampu LED model menyipit dan revisi pada garis bumper.

Bakal ada enam opsi sumber tenaga dibalik kap motor BMW 3 Series Touring ini. Diantaranya tiga penenggak bensin dan tiga penenggak solar atau diesel.

Varian BMW M340i xDrive Touring bakal menggunakan mesin bensin 6-silinder segaris dengan tenaga 379 PS. Sementara BMW 330i akan diperkuat dengan mesin bensin 4-silinder segaris dengan tenaga 261 PS. Sedangkan BMW 320i Touring bakal mengusung mesin bensin 4-silinder empat silinder dengan output 186 PS.

Untuk varian diesel BMW 330d XDrive Touring yang akan menggunakan mesin 6-ssilinder segaris dengan tenaga puncak 268 PS. Untuk varian 320d Touring bakal bertenaga 192 PS dengan mesin 4-silinder segaris dan yang terkecil 318d Touring 4-silinder bertenaga 152 PS.

Hanya ada pilihan transmisi manual 6-percepatan di varian diesel 4-silinder, sedangkan fitur bertransmisi otomatik Steptronic 8-percepatan akan menjadi opsi tambahan. Sedangkan untuk seluruh varian bensin 4-silinder serta bensin dan diesel 6-silinder, seluruhnya hanya tersedia pilihan transmisi otomatik Steptronic 8-percepatan.