Terjual hingga jutaan unit, konsep Sports Activity Vehicle (SAV) sebagai pengganti nama Sports Utility Vehicle (SUV) yang dituangkan dalam sebuah BMW X5 menjadi penanda bahwa mobil tersebut diterima oleh masyarakat. Sepanjang perkembangannya, BMW telah membidani kelahiran X5 hingga empat generasi dan menjadikannya sebagai pemimpin pada segmen all-wheel drive premium SUV di dunia.

Kita sepatutnya bangga, bahwa BMW X5 generasi terbaru yang dirilis Kamis (10/4) ini, merupakan sebuah mobil bikinan anak bangsa rakitan fasilitas produksi BMW Production Network PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Tak kalah dengan produk global lainnya, BMW X5 xDrive40i xLine yang dipasarkan di tanah air serupa dengan BMW X5 tipe yang sama dengan yang dipasarkan di negara lain.

– Baca juga: BMW X3 sDrive20i Bikinan Sunter Resmi Dijual di Indonesia

Hanya ada satu tipe yang dijual BMW Indonesia di tanah air, yakni BMW X5 xDrive40i xLine. SAV premium ini tampil mengesankan dengan inovasi dan membawa manifestasi sebuah kenyamanan dan keasyikan berkendara yang memiliki kapabilitas sportif untuk menaklukkan medan offroad.

Jantung pacu BMW TwinPower Turbo 6-silinder berkapasitas 3.0 liter dengan penerus daya Speedtronic 8-percepatan all-wheel drive. Dengan begitu, SAV BMW X5 ini mampu memproduksi tenaga sebesar 340 dk dengan torsi 450 Nm yang diklaim mampu berkecepatan penuh 243 km/jam dan masa akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 5,5 detik.

– Baca juga: Menunggu Kehadiran SUV 7-Seater Mercedes-Benz GLB Class

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Indonesia menyebutkan, BMW X5 generasi keempat ini merupakan sebuah rangkuman dari model-model X sebelumnya yang telah terbukti menjadi salah satu model kendaraan BMW paling favorit di Indonesia. BMW X5 xDrive40i xLine dipasarkan seharga Rp 1,489 miliar (off the road) dan akan tersedia di BMW Authorized Dealer Network mulai 12 April mendatang.

Video pilihan untuk Anda: