BMW R nineT

BMW terus melakukan terobosan seraya menerapkan buah inovasi tidak hanya di roda empat, namun juga di ranah sepeda motor. Buktinya, setelah meluncurkan S1000R yang tampil gahar dengan desain sporty akhir tahun lalu, sekarang BMW mengagungkan desain retro. Yap, inilah BMW R nineT yang baru saja dipamerkan dalam ajang The35th Bangkok International Motor Show (BIMS) 2014. Berdasarkan pengamatan thegaspol.com, BMW sukses menghadirkan torehan retro pada detail motor ini sebagai selebrasi BMW yang ke- 90.

BMW R nineT 1 copy

Lupakan segenap kecanggihan teknologi seperti sistem pendingin cair, kontrol traksi atau bahkan mode pengendaraan. Pasalnya, BMW hanya menyodorkan mesin sederhana berkapasitas 1170cc yang sanggup menggelontorkan tenaga hingga 110 bhp dengan torsi 119 Nm agar pembesutnya bisa merasakan performa tradisional sebuah motor jalan raya. “Saat ini orang ingin kembali melihat komponen mekanik ada di sepeda motor besutannya,” jelas Edgar Heinrich, Head of BMW Design.

BMW R nineT 1

Nuansa retro kian ketal setelah pabrikan Bavaria ini menerapkan material besi dan alumunium, bukan plastik seperti yang saat ini diadaptasi oleh pesaingnya. Maka tak heran jika pipa tubular dipilih menjadi sasis hingga bahan alumunium yang disulap menjadi tangki bensin berkapasitas 4.8 galon.