Memasuki tahun yang baru, sejumlah kendaraan telah dipersiapkan untuk meluncur di 2019 ini. Diantara para pabrikan kendaraan yang telah menyiapkan model baru untuk dipasarkan tahun ini, Toyota dan Daihatsu nampaknya ingin melaju terlebih dahulu sebagai menu pembuka mobil baru di 2019 ini.

Memasuki hari kedua di 2019, mulai bermunculan foto-foto Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang bocor di jagat maya. Bersumber dari beberapa netizen, foto-foto ini bermunculan sebelum kedua low MPV ini resmi diluncurkan.

Dalam foto terlihat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru ini hanya mengubah tampilan depan dan belakangnya saja. Bisa dikatakan kedua pabrikan, baik Toyota dan Daihatsu hanya melakukan minor change atau facelift pada kedua low MPV andalannya.

Sedangkan bagian rangka dan body terlihat masih menggunakan model sebelumnya. Demikian dengan interior, meski belum ada foto bocorannya namun menurut prediksi kami modelnya masih sama dengan model sebelumnya, kalaupun ada ubahan bisa jadi pada sektor warna saja.

Toyota sendiri dikabarkan akan meluncurkan beberapa model baru di tahun 2019 ini, salah satunya termasuk Avanza. Dalam sebuah media gathering di kawasan Senayan tahun lalu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), pernah mengatakan, Toyota Indonesia minimal merilis enam model baru pada 2019 seperti tahun lalu. Keenam model baru itu ada yang improvement, minor change, full model change, atau new model.

Dari gosip yang beredar di lapangan, Toyota Avanza terbaru ini akan resmi diluncurkan pada tengah Januari atau setidaknya di bulan ini. Unit-unitnya pun menurut pengakuan wiraniaga Toyota sebagian sudah didistribusikan ke dealer.

Akankah langkah Toyota dan Daihatsu yang hanya mengubah tampilan Avanza-Xenia sukses mendulang penjualannya? Kita lihat sepak terjangnya setelah peluncuran, dimana kedua low MPV ini harus berjibaku melawan gempuran Mitsubishi Xpander dan Suzuki All New Ertiga yang hadir dengan model yang lebih fresh.