Mainan mobil-mobilan nyatanya tak selalu memiliki harga yang lebih murah dari pada mobil betulan. Apalagi jika produsen yang membuatnya, adalah manufaktur otomotif ternama yang biasa membuat mobil-mobil eksotik.

Ketika mendengar nama Bugatti, pikiran langsung melayang bagaimana pabrikan mobil asal Perancis itu masih eksis hingga kini untuk membuat mobil sport super mewah yang kencang. Sejarah menceritakan bahwa perusahaan yang sekarang bernama lengkap Bugatti Automobiles S.A.S pertama kali didirikan pada 1909 dengan nama Automobiles Ettore Bugatti. Perusahaan ini lahir atas prakarsa dua saudara Ettore Bugatti dan Jean Bugatti.

Menandai 110 tahun usia Bugatti, pabrikan tersebut membuat sebuah memorabilia berupa sebuah mobil skala kecil yang dinamai Baby II. Nama tersebut diambil dari model purwarupa Bugatti Type 2 saat perusahaan belum berdiri.

Tampangnya dibuat persis dengan Bugatti Type 35 yang dilansir sebagai mobil jalanan era 1920-an. Dimana model klasik dengan moncong panjang dan open wheeler (roda diluar body) menjadi sebuah hal yang identik dari sebuah mobil di masa setelah Perang Dunia 1.

Karena dibuat di zaman modern, maka Baby II mempercayakan sebuah motor listrik sebagai tenaga penggerak. Namun jangan kira performanya lemah, meski tergolong mainan Baby II mampu berlari hingga 20 km/jam untuk mode anak-anak, 45 km/jam untuk mode dewasa dan 90 km/jam bila mode pembatas kecepatan dibuka.

“Meskipun merupakan anggota terkecil dari keluarga Bugatti, Baby II memiliki banyak kesamaan dengan saudara-saudaranya yang lebih besar,” demikian keterangan tertulis di laman Bugatti.

Masih menurut laman resmi Bugatti, setiap mobil hadir dengan nomor seri edisi terbatas. Mobil yang dipesan pada 2019 akan memiliki lencana untuk memperingati ulang tahun ke-110 Bugatti. Jumlah produksi pun akan dibatasi hingga 500 unit saja.

Maka tak heran bila melihat harganya, sebuah Toyota Avanza tipe termahal sekalipun jadi semakin terlihat tidak ternilai. Bugatti memasang harga US$ 34 ribu atau setara Rp 484, 6 juta untuk konsumen yang ingin menebus Baby II.

Nilai sejarah yang diusung merek Bugatti dan model ikonik mobil di masa lalulah yang membuat mainan anak-anak ini bernilai hampir setengah miliar.