140829-iphone-1823_f53a3a63994f24bbdba724f3d831fd86

Ada hal menarik dari kantor US Patent and Trademark saat meloloskan paten Apple US no. 8,868,254 untuk “Accessory Control with geo-fencing”. Ternyata, paten ini dibuat untuk melegalkan teknologi kunci mobil yang dapat diakses melalui iPhone.

Ide ini persis meniru software Tesla terbaru yang memungkinkan mengakses dan menghidupkan mobil dengan smartphone. Namun Apple lebih gila lagi, konsep yang sama diterapkan untuk mobil reguler.

Dan meskipun ini masih paten yang paling baru, rencana besar Apple sudah terlihat. Layaknya puncak dari gunung es yang terlihat kecil, Apple seakan-akan merencanakan lebih dari sekedar buka-tutup pintu dengan smartphone. Melainkan sebuah proses otomatis yang lebih lagi sedang dirancangkan.

Untuk lebih memahaminya, Apple baru saja meluncurkan sistem infotaimen CarPlay yang memungkinkan pengemudi untuk mengakses fitur-fitur iPhone dari layar sentuh mobil. Melalui antarmuka iOS terbaru, kini tidak diperlukan lagi pembelajaran antarmuka untuk setiap pabrikan.

Menggembirakannya, pada paten tersebut juga dijelaskan kapabilitas penggunaan geo-lokasi. Pengguna pun akan dimudahkan mengakses beberapa fungsi vital mobil berdasarkan dari titik geonfences.